Mengenal Jenis Media Promosi Cetak

30/06/2016    Bartholo Bush Sawa    4177     Desain

Halo teman-teman dumet Blog sekalian, dalam artikel kali ini saya akan sedikit berbagi tentang jenis-jenis media promosi yang sebenarnya sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Nah, dengan kita memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis media promosi ini, kita bisa jadi lebih mudah salam menentukan media promosi apa yang kira-kira cocok nantinya dengan produk yang akan kita pasarkan. Pengetahuan ini juga diperlukan khususnya untuk teman-teman yang berfokus pada dunia desain grafis, agar lebih mengerti tentang jenis-jenis media promosi ini. Okey, silahkan teman-teman simak ayah penjelasannya :

Poster Merupakan sebuah Media Promosi yang berisi tentang pengumuman atau publikasi sebuah event atau acara, dimana isi dari Poster ini terdapat banyak informasi, dan dibuat sedemikian rupa agar menarik perhatian untuk bisa dibaca oleh masyarakat. Biasanya Poster ini menggunakan ukuran mulai dari yang besar yaitu A1, A2, A3, dan A4. Untuk ukuran A4 karena ukurannya agak kecil, biasanya di tempel pada tempat khusus, dan bukan ditempat umum. Misalnya di papan-papan pengumuman.

Flyer Merupakan sebuah media Promosi yang berisi informasi yang singkat, padat, jelas, dan langsung ke pokok acara. Atau bisa juga sebagai peningkat awareness atau kesadaran masyarakat. Berukuran A5, dan dibagikan secara bebas di jalanan atau di tempat-tempat keramaian sesuai dengan target Market Produk yang dipromosikan.

Brosur Merupakan sebuah media Promosi yang berisi tentang detail dari produk-produk yang dipasarkan. Poin-poin yang ada dan produk-produk yang dijual dijelaskan secara lebih mendetail di brosur. Hal ini dikarenakan brosur memiliki beberapa halaman, dan biasanya menggunakan ukuran kertas A4 yang dilipat 3, sehingga terdapat setidaknya 6 halaman bolak-balik.

Corporate Identity merupakan juga salah satu Media Promosi, dimana media promosi ini lebih mengarah ke Perusahaan secara langsung. Sebuah Perusahaan wajib memiliki identitas, dan mempublikasikannya melalui Corporate Identity. Adapun kelompok Corporate Identity antara lain :

  • Kartu Nama
  • Kop Surat
  • Amplop

Ketiga media diatas merupakan salah satu syarat sebuah perusahaan agar bisa lebih profesional dalam bekerja dan berkomunikasi dengan perusahaan lainnya.

Okey teman-teman itu tadi penjelasan secara singkat media-media promosi yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat buat teman-teman semua, dan sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya...

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More