Robot Memiliki Hati Dan Perasaan

06/06/2014    Alfiana Irsyada Salma    560     Artikel Bebas

Seperti yang kita ketahui bahwa, hanya manusia yang memiliki hati dan perasaan. Ternyata tidak hanya manusia saja, robot juga bisa memiliki hati dan perasaan.

Robot ciptaan perusahaan jepang, SoftBank, berhasil merilis robot terbaru dengan hati dan perasaan. Robot berbasis Tripod yang bisa membaca emosi manusia yang diberi nama “Pepper”.

Masayoshi Son, pendiri dan CEO SoftBank memperkenalkan robot “Paper” saat konferensi pers di Jepang, Kamis 5 Juni 2014. “Robot ini tampaknya bertindak lebih manusiawi karena dirancang menggunakan mesin emosi dan sistem kecerdasaan buatan berbasis cloud Al. Mesin dan sistem yang diaplikasikan pada robot akan mampu “membaca” emosi manusia dengan menilai gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan nada suara”.

Mesin wajah dan suara pengakuan emosional akan membantu paper membaca situasi. Misalnya, pengguna tersenyum, maka paper akan mengenali senyum lalu merespon emosional kemudian melaporkan kembali ke pengguna", bahwa “Pengguna tersenyum". Selain itu paper juga bisa berkomunikasi layaknya berbicara dengan teman dan keluarga, papper juga mampu melakukan berbagai macam tugas dan fungsi.

"Kami telah membuat entri baru ke bisnis robot dengan tujuan untuk mengembangkan robot penyayang yang membuat orang tersenyum," kata son. Paper memiliki fitur sensor sentuh di tangan dan kepala, serta tablet 10 inci seperti layar yang melekat pada dadanya.

Jepang memang merupakan negara produsen terbesar untuk pasar robot di Dunia. Robot ini akan dijual seharga 198.000 yen atau 23 Juta. SoftBank tidak mengembangkan robot ini sendirian, mereka bekerja sama dengan perusahaan Prancis, Aldebaran Robotics.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More