Nenek Moyang Search Engine

13/05/2014    Aulia Rahmah Alhafidz    1112     Artikel Bebas

Hai teman - teman dumet! Ketemu lagi nih.. Sekarang lagi apa? Daripada bingung sekarang kita ngomongin "Search Engine" aja yuk. Search Engine itu perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia di internet. Search Engine yang populer saat ini adalah Google. Tentunya semua orang pernah bahkan sering menggunakan Google. Selain Google, ada banyak mesin pencari yang ada di internet. Seperti : Yahoo!, Baidu, Bing, Ask, AOL dsb.

Tapi, tahukah kalian mesin pencari apa yang pertama kali ada di internet? Mungkin ada yang sudah tahu dan ada yang belum tahu. Untuk yang belum tahu, yuk sekarang kenalan sama "Archie". Nah, inilah nenek moyang dari search engine. Archie adalah mesin pencari pertama di internet. Archie dibuat tahun 1990 oleh Alan Emtage, Bill Heelan dan J. Peter Deutsch, saat itu adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas McGill, Amerika Serikat. Cara kerja program tersebut adalah mengunduh daftar direktori serta berkas yang terdapat pada layanan ftp publik (anonim) kemudian memuatnya ke dalam basisdata yang memungkinkan pencarian.

Ini dia penampilan dari "Archie" si mesin pencari pertama :

search-engine-pertama

Dan ini adalah penciptanya yang bernama Alan Emtage :

Untuk yang penasaran ingin melihat secara langsung bagaimana "Archie" melakukan tugasnya, langsung saja klik link berikut ini : http://archie.icm.edu.pl/

Sekian informasi dari saya, semoga menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kalian semua. Sampai bertemu di artikel berikutnya :)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More