Mengemudi Sendiri Tanpa Supir

05/06/2014    Alfiana Irsyada Salma    892     Artikel Bebas

Ingin mengendarai mobil sendiri. Tapi kamu tidak bisa menyetir. Bayangkan kalau kamu masuk ke mobil, hanya duduk manis dan santai, tidak harus stres tentang lalu lintas jalan raya yang sibuk atau susah parkir mobil atau tentang apa pun yang berhubungan dengan proses mengemudi. Bagi sebagian orang, mungkin terdengar seperti mimpi, tapi bagi Google bisa menjadi kenyataan.

Sudah lebih dari tiga tahun pembuatan, Google akhirnya menarik kembali tirai pada prototype pertama kalinya “Mengemudi Sendiri” atau “Self Driving”. Hal ini diresmikan pada 27 Mei 2014 oleh Pemilik Google Sergey Brin pada konferensi Recode di Rancho Palos Verdes, California.

Prototype Google tampak kecil, memiliki wajah di bagian depan dan kamera yang terpasang diatas. Kendaraan ini tidak dilengkapi dengan roda kemudi, pedal akselerator atau pedal rem. Satu-satunya kontrol pengemudi yaitu tombol start dan tombol berwarna merah bertuliskan "e-stop" tombol panik untuk berhenti.

Sekarang ini, kecepatannya ± 25 Mph atau ±40 km. Untuk menghindari kecelakaan.

"Mereka memiliki sensor laser dan radar pada data kamera yang dapat menghilangkan titik buntu jalan atau nyasar tidak tahu jalan pulang, dan mereka dapat mendeteksi benda-benda untuk jarak lebih dari dua lapangan sepak bola ke segala arah, yang sangat membantu di jalan-jalan yang sibuk dengan banyak persimpangan, semua itu akan terhubung dalam sebuah aplikasi khusus di smartphone ataupun tablet" kata Google dalam sebuah posting blog mengumumkan prototype.

Awal bulan ini, Google memamerkan teknologi “Self Driving” dalam demonstrasi dunia nyata dengan menggunakan kendaraan yang dibuat oleh Toyota dan Lexus.

“Sementara itu, Google berencana untuk membuat sekitar seratus (100) mobil prototype ini dan tim driver keselamatan akan mulai menguji mereka nanti musim panas ini. "Jika semua berjalan lancar, kami ingin menjalankan program percontohan kecil di California dalam beberapa tahun mendatang," kata Google. "Kita akan belajar banyak dari pengalaman ini, dan jika teknologi berkembang seperti yang kita harapkan, kita akan bekerja sama dengan mitra untuk membawa teknologi ini ke dunia dengan selamat."

Menurut peneliti otomotif “Self Driving” dapat dipercaya untuk menurunkan tingkat kemacetan, polusi, dan potensi kecelakaan, tetapi sebaiknya diteliti kembali. Karena, ketika peristiwa ektrim terjadi mobil tetap butuh bantuan manusia.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More