Jenis-jenis Tipe File di InDesign

14/02/2017    Raditya Noveraldo    295     Desain

Halo semuanya kali ini di artikel ini kita akan belajar mengetahui Jenis-jenis tipe file di Adobe InDesign dengan singkat dan mudah. Pada Adobe InDesign memang terdapat beberapa jenis extension untuk penyimpanannya.

Adobe Indesign adalah software perkembangan oleh perusahan Adobe, dimana software ini dijadikan untuk membuat atau pengaturan text yang banyak hingga untuk layouting seperti buku maupun majalah.

Seperti yang kita ketahi extension dari software Adobe lainnya seperti Adobe Photoshop hanya .psd dan extension pada Adobe Illustrator hanya .ai, namun pada Adobe Indesign terdapat lebih dari satu extension untuk menyimpan filenya.

Ada 3 jenis extension file yang ada pada Adobe Indesign, dimana extension ini nantinya akan berbeda fungsinya seperti penyimpanan design template hingga file yang bisa di buka untuk versi software yang lebih lawas. Berikut adalah 3 jenis tipe file di Adobe InDesign:

Pertama-tama kalian sudah membuat file baru dan kemudian sudah mendesign sedemikian rupa kemudian pada tahap akhir ketika kalian ingin save pilihlah menu File > Save As. Perhatikan pada save as typenya :

Jenis-jenis tipe file di InDesign

Kita perhatikan pada save as type tersebut menunjukan terdapat 3 file extension yang dimana semuanya berupa file indesign seperti Indesign Template, Indesign Document, dan Indesign CS4 or Later. Mari kita bahas satu satu dari 3 file type pada Adobe indesign itu secara cepat dan mudah.

Pertama adalah Indesign Template. Format jenis file ini memiliki extension .indt dimana file ini sebeneranya diperuntukan untuk file berupa template saja, dalam arti tidak terdapat image hanya frame dan text dummy saja.

Selanjutnya adalah Indesign Document. Format jenis filE ini memilik extension .indd dimana ini adalah save as type secara default yang disajikan oleh Adobe Indesign dengan kata lain kalian bisa mendesain sesuka kalian lalu menge-savenya pada format atau jenis extension yang satu ini.

Yang terakhir adalah Indesign CS4 or Later. Format jenis file ini memiliki extension .idml dimana ini adalah save untuk format file yang bisa di buka pada software yang lebih lawas, sebenarnya format ini seperti file Inbdesign Document namun hanya diperuntukan untuk dapat dibuka pada software yang lebih lawas. Jika kalian membuat file indd pada Adobe Indesign cc 2015 kemudian file tersebut kalian open pada adobe indesign cs4 maka tidak bisa jika kalian tidak ubah menjadi extension .idml.

Dan ini tampilan file dari 3 jenis tipe file di Adobe InDesign :

Jenis-jenis tipe file di InDesign

 

Gimana mudah bukan untuk mengetahui Jenis-jenis tipe file di Adobe InDesign dengan singkat dan mudah. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat belajar dan terimakasih :).

Indesign

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More