Jantung Asli Buatan Manusia

26/06/2014    Alfiana Irsyada Salma    1591     Artikel Bebas

Jantung merupakan salah satu organ tubuh manusia yang berperan memompa darah lewat pembuluh darah dalam sistem peredaran darah. Tanpa jantung manusia tidak bisa berfungsi.

Pada zaman sekarang yang serba canggih dengan teknologi yang semakin mudah digunakan manusia selalu disuguhkan dengan berbagai macam terobosan teknologi terbaru. Seorang ahli bernama Alain Carpentier menciptakan jantung buatan yang mampu secara otomatis mengatur kontraksi dan relaksasinya. Jantung buatan ini berhasil bekerja berdetak ditubuh seorang pria asal Prancis berusia 75 tahun. Pria itu mendapatkan transplantasi jantung lewat operasi selama 10 jam di Georges Pompidou European Hospital.

Jantung buatan itu diberi nama “Carmat”. Carmat ditargetkan mampu menggantikan fungsi jantung selama 5 tahun dan pemiliknya dapat melakukan aktivitas normal seperti biasanya menjalankan aktivitas sehari-hari.

Di dalam jantung buatan atau Carmat, terdapat sebuah sensor dan processor mikro yang dapat memantau perubahaan internal tubuh sehingga dapat mengatur aliran darah sesuai yang dibutuhkan. Aliran darah bisa bekerja lebih cepat atau lambat sesuai dengan aktivitas pemiliknya.

Carmat telah dikembangkan selama 25 tahun. Saat ini jantung buatan milik Carpentier sudah berkembang di Prancis, Belgia, Polandia, Slovenia dan Arab Saudi. Rencananya Carpetier akan melakukan uji coba kembali pada manusia akhir tahun 2014. Jika berhasil lagi, maka jantung buatan Carpentier bisa dipasarkan di seluruh dunia pada awal tahun 2015.

Jantung buatan ini cukup mahal harganya bisa mencapai 29,5 miliar.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More