Blog Request tutorial? klik disini!

  • Fungsi Tool Pengaturan Warna Pada Photoshop

    Ditulis oleh: Renra Iwa Sedoya
    10267 kali dibaca
    30 Dec / 2013 15:51

    Dalam prakteknya, kita sering kali menjumpai kasus objek gambar yang akan kita gunakan terlalu terang atau gelap, gambar buram, warna yang kurang tajam, komposisi cahaya kurang tepat, atau terkadang kualitas gambar rendah. Untuk mengatasi hal - hal seperti ini Photoshop memiliki metode untuk mengubah dan mengoreksi warna dari suatu gambaran dengan menciptakan suatu grafik histogram atau kurva atas warna - warna yang berbeda pada suatu gambar yang dapat diatur.

    Pengaturan histogram ini dapat dibayangkan seperti menyesuaikan warna dan terang pada telivisi pada saat kita menonton film di rumah, dimana kita akan memilih brightness dan contrast kemudian melakukan penambahan atau pengurangan nilainya untuk penyesuaian atas terang dan kontrasnya. Untuk melakukan penyesuaian warna, kita memilih Hue dan Saturation, sedangkan untuk melakukan perubahan warna, kita memilih color. Pada Photoshop, proses pengaturan Hue, Saturation, Color, dan Contrast disediakan pada layer palet yang diaktifkan dengan mengklik ikon pada pellet layer. Berikut masing-masing penjelasan fungsinya:

    • Solid color, mode untuk membuat dan menyunting warna melalui kotak dialog Color Picker dengan menambahkan satu layer baru.
    • Gradient, mode untuk pemberian dan penyuntingan warna gradiasi dengan menambahkan satu buah layer.
    • Pattern, menambahkan satu layer dengan satu pola yang kita tentukan untuk memberikan efek yang sesuai dengan bentuk pola yang ditentukan pada gambar.
    • Brighness / Contrast, berfungsi seperti halnya Level, tetapi hasil yang didapat kurang baik, kurang akurat, dan kurang teliti bila dibandingkan dengan Level.
    • Level, digunakan untuk mengoreksi shadow atau highlight selama gambar hanya mengalami sedikit gelap ( under exposed ) atau terang ( over exposed ).
    • Color Balance, berfungsi untuk memungkinkan kita mengubah warna tertentu ke highlight, midtones, serta shadow secara terpisah. Selain itu digunakan untuk mempermudah pengoreksian warna dengan pengaturan slider warna.
    • Curves, berfungsi seperti level, hanya saja dengan curve kita diizinkan untuk dapat mengatur sebanyak mungkin tingkat terang yang kita sukai. Selain itu kita juga dapat mengatur tingkat terang dari sebuah image dengan mengetikkan nilai tertentu.
    • Selective Color, digunakan untuk menambah atau mengeluarkan secara spesifik presentasi dari warna CMYK serta warna hitam. Idealnya untuk melakukan pengaturan dasar pada proof warna ( warna CMYK per layer ).
    • Hue / Saturation, mode untuk menyunting serangkaian warna dan mengubah tingkat terang gambar.
    • Invert, digunakan untuk mengembalikan warna pada gambar, misalnya warna hitam akan menjadi putih, dan putih menjadi hitam. Di dalam penggunaan invert ini perlu kita perhatikan bahwa instrumen invert ini tidak bisa digunakan untuk membuat gambar positif dari klise sebuah foto.
    • Threshold, mengkonversikan dan membuat semua pixel warna pada gambar menjadi hitam atau putih. Dengan fungsinya ini threshold sangat bermanfaat di dalam masking.
    • Posterize, berfungsi untuk mengurangi jumlah warna pada gambar menjadi 255 atau lebih rendah.
    • Gradient Map, mengganti tone dengan gradasi warna yang kita pilih.
    • Channel Mixer, merupakan instrument paling baik untuk mencampur gambar grayscale, atau mencampur satu atau lebih channel warna dengan penyesuaian pada masing – masing channel. Seperti yang kita ketahui bersama, apabila kita menyunting foto RGB, kita akan memiliki tiga buah gambar terpisah, yaitu satu gambar untuk setiap channel-nya, dimana masing – masing dari channel tersebut mengandung informasi yang unik dan berguna, sehingga apabila satu buah channel mengalami kerusakan maka kita masih memiliki dua buah channel  lain yang masih dapat kita gunakan untuk memperbaiki channel yang rusak tersebut. Untuk memperbaiki channel yang rusak tersebut digunakanlah mode channel mixer ini untuk mengisi channel yang rusak dengan isi dari channel yang lain.
    • Photo Filter, memberikan filter warna pada gambar.





Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155