Wanita-wanita yang Sangat Berpengaruh Dalam Dunia Teknologi

13/11/2014    Reza Indra    645     Teknologi

Banyaknya perusahaan teknologi yang bermunculan semakin memberi tanda bahwa perkembangan teknologi tidak akan pernah ada habisnya. Hal ini terutama didorong oleh perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Facebook, Twitter, dan Google. Namun yang menjadi tanda tanya adalah mengapa peran seorang wanita di jagat teknologi terasa kurang terdengar. Ada yang berpendapat bahwa wanita tidak berbakat dalam peranan menciptakan hal-hal baru untuk kemajuan teknologi. Bahkan perusahaan Google sendiri belum lama ini sampai membuka kelas belajar pemrograman khusus untuk wanita.

Walaupun tidak sebanyak pria, nyatanya ada beberapa wanita yang memegang peran penting untuk memajukan perkembangan dunia teknologi dan internet. Berikut adalah 9 wanita yang dianggap sebagai wanita super, karena peranannya dalam mengembangkan teknologi internet.

1. Radia Perlman

Radia Perlman adalah wanita yang paling terkenal karena membuat Spanning Tree Protokol (STP). STP menjembatani dua jaringan komputer sehingga mereka dapat saling bertukar informasi. Sekarang kita dapat melihat penggunaannya dalam Local Area Network (LAN) di mana banyak komputer yang mengakses satu jaringan dan internet.

2. Elizabeth Feinler

Elizabeth Feinler adalah sebagai orang yang dianggap sebagai pelopor internet, ketika dia menjabat sebagai Direktur Network Information Center (NIC) di Standford Research Institute (SRI) dari tahun 1972 sampai 1989. Dia juga berhasil menciptakan jaringan ARPANET, jaringan yang menghubungkan berbagai pusat penelitian di seluruh negeri, yang dipandang sebagai pendahulu Internet.

3. Caterina Fake

Caterina Fake dengan suaminya Stewart Butterfield mendirikan sebuah situs populer untuk berbagi foto yakni Flickr pada tahun 2004. Yahoo! kemudian mengakuisisi Flickr pada tahun 2005. Sebelum Flickr muncul, semua orang hanya berbagi foto atau mengirim gambar melalui email. Dengan muncul Flickr, semua orang dapat lebih terbantu kerana dapat mengirimkan foto dalam jumlah jumlah yang lebih banyak dan lebih cepat.

4. Mitchell Baker

Jika bukan karena Mitchell Baker, mungkin sekarang kita masih saja melakukan browsing Web dengan menggunakan Internet Explorer. Sebagai Ketua Eksekutif Mozilla Corporation, Baker memimpin bagian dari tim Netscapes pada proyek Mozilla. Proyek ini, berhasil melahirkan web browser open source baru dan lebih canggih yakni Mozilla Firefox, yang membuat pengalaman ber-internet yang lebih aman dan stabil.

5. Rashmi Sinha

Rashmi Sinha adalah pencipta layanan berbagi slide presentasi gratis (SlideShare). Sinha berhasil menemukan sebuah bug pada Web ketika dia sedang meneliti tentang bagaimana mesin pencari optimasi serta algoritma bekerja untuk membantu merekomendasikan berbagai macam konten di University of California. Setelah penelitian, ia melanjutkan untuk memulai memberikan konsultasi kepada banyak klien atau perusahaan seperti eBay, AAA, dan Blue Shield.

6. Leah Culver

Anda mungkin pernah mendengar tentang situs jejaring sosial Pownce, yakni sejenis situs micro blogging. Powce didirikan oleh Leah Culver dan dua orang temannya. Powce adalah situs sosial pertama yang memberikan layanan untuk melampirkan link, file, foto dan video yang kini banyak ditiru oleh situs-situs jejaring sosial lain seperti Twitter dan Facebook. Namun, sejak diakuisisi oleh perusahaan software Six Apart pada tahun 2008, Powce resmi menyatakan untuk menutup situsnya.

7. Marissa Mayer

Saat ini, Marissa Mayer menjabat sebagai presiden dan CEO dari Yahoo!. Sebelumnya, semua orang mengenalnya sebagai karyawan Google sejak tahun 1999 dan insinyur perempuan pertama yang ikut andil dalam membangun mesin pencari. Pada saat bekerja di Google, Mayer sangat berperan dalam menciptakan produk-produk Google yang dapat kita gunakan di masa sekarang diantaranya adalah Google Search, Google News, Google Images, dan Google Chrome.

8. Mena Trott

Mena Trott sangat bercita-cita menjadi seorang penulis dengan aktif pada dunia blogging. Trott mendirikan Six Apart pada tahun 2001 yang mengkhususkan diri dalam pengembangan software blogging. Sebuah perangkat lunak blog yang mirip dengan mendahului WordPress.

9. Susan Wojcicki

Karyawan Google yang lain, adalah Susan Wojcicki. Dia bertanggung jawab untuk menjual iklan di raksasa mesin pencari. Baru-baru ini dia diangkat menjadi CEO YouTube pada bulan Februari 2014, Wojcicki juga menjabat sebagai pemimpin divisi Advertising dan Pemjualan di Google. Dia adalah karyawan Google ke-16 yang pernah menjabat sebagai Marketing Manager. Susan Wojcicki adalah wanita yang dulu pernah menyewakan garasinya untuk Sergey Brin dan Larry Page pada tahun 1998, untuk membangun Google.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More