Blog Request tutorial? klik disini!

  • 9 Tips Untuk Membuat Windows XP Kamu Tetap Aman Setelah "END-OF-LIFE"

    2651 kali dibaca
    14 Apr / 2014 15:21

    Hello teman-teman. Ketemu lagi di kesempatan kali ini. Siapa yang tidak kenal dengan Windows XP? Bagi yang pernah memakai Windows XP tentu sudah tahu betapa lancarnya dan salah satu OS yang benar-benar "tidak banyak masalah".

    Sayangnya, Microsof Windows XP tidak akan mendapatkan security updates dari Microsoft per tanggal 8 April 2014. Artinya, OS yang sudah berumur 13 tahun akan rentan mendapatkan serangan virus, hacker dimana Microsoft tidak akan menambal celah-celah serangan tadi.

    Berdasarkan Net Applications, 30% PC didunia masih menggunakan Windows XP. Itu adalah sebuah pasar yang besar sekali. Microsoft dan para perusahaan Security sangat aktif menyarankan untuk berpindah ke OS yang lebih baru.

    Bayangkan pemerintahan Inggris sampai rela membayar Rp. 103.000.000.000,- wow, banyak nol nya. 103 Milliar adalah nilai yg siap dibayarkan oleh pemerintahaan Inggris supaya tetap mendapatkan support dari Microsoft. Bukan hanya Inggris, nega ra lain juga ikut langkah Inggris, seperti Belanda dan yang lainnya.

    Terserah apa alasan Microsoft menghentikan support mereka, dan kemungkinan akan diserang dalam hal sisi security nya, ada beberapa cara untuk mengurangi resiko tersebut. Ini ada 9 tips untuk membantu kamu untuk bertahan dengan menggunakan Windows XP.

    1. Backup secara rutin

    Bukan tips hanya untuk Windows XP, tapi tips untuk semua OS. Dimana kadang kita tidak tahu kapan akan terjadi error di software kita. Pasti pernah mengalami yang namanya Install ulang bukan? Itu adalah hal yang paling menjengkelkan.

    2. Update selalu ANTI VIRUS Anda 

    Ok, Windows XP tidak mendapatkan update lagi. Tapi Anti Virus akan tetap mendapatkan Update di Windows XP. Bahkan Microsoft Security Essential (MSE) dari Microsoft masih mendapatkan Update.

    Tidak akan mencegah OS kita di bobol hacker, tapi akan memproteksi untuk malware.

    3. Jangan pakai Internet Explorer 

    IE 8 adalah versi terakhir untuk windows XP. Jadi browser tesebut sudah jadul dan dari sisi keamanan sudah tidak aman. 

    Silahkan pakai broser yang lainnya yang lebih update dan selalu di update terus browsernya seperti Google Chrome , Mozilla Firefox dan lain-lain. 

    4. Uninstall Java, Adobe Flash and Reader 

    Banyak cara untuk menyusup kedalam security Windows dengan menggunakan program third=party seperti Java, Adobe Flash dan Adobe Reader. Kalau jarang digunakan, benar-benar bersihkan dari komputer anda. KArena serangan terbesar itu biasanya dari aplikasi Third-party.

    Kalau masih membutuhkan fungsi seperti mereka, bisa menggunakan aplikasi lainnya seperti clik-to-flash add-ons untuk menggantikan Adobe Flash dan juga pertimbangkan menggunakan PDF reader third-party dimana tersedia gratis secara online. 

    5. Pilihlah software-software yang kamu butuhkan saja. Dan selalu di update. 

    Menginstall software third-party selalu mengundang atau sering di incar oleh hacker. Jadi pastikan teman-teman memilih software yang penting-penting saja. Uninstall yang tidak diperlukan. Pastikan selalu terupdate. 

    6. Selalu Scan USB Drive sebelum disambungkan ke PC

    Cara yang paling gampang untuk menyebarkan malware adalah lewat USB Drive. Biasanya dari warnet-warnet ataupun dari komputer teman kita sendiri bisa juga tempat kerja. 

    7. Pakai akun Limited Account 

    Sebuah studi telah menunjukkan bahwa. 92% dari serangan ke komputer kita bisa di minimalisir jika kita menggunakan User Account yang tipenya LIMITED. Bukan Administrator. 

    Karena, kalau seseorang ingin menyerang komputer kita, dia memerlukan hak akses sebagai admin. Kalau Limited, maka dia tidak bisa melakukan apa-apa. Jadi, bisa mempertimbangkan untuk membuat User Account Limited yang digunakan untuk sehari-hari. Sedangkan Admin untuk keperluan menginstall atau update software. 

    8. Pakai XP anda di sebuah Virtual Machine 

    Mungkin alasan banyak orang tidak ingin pindah dari XP dikarenakan sudah memakai banyak program third-party untuk keseharian mereka. Dan softwarenya tidak mendukung untuk dipakai di OS yang baru. Atau harus membeli lagi software tebaru itu tadi. 

    Disini, kita bisa menjalankan program kesayangan kita yang ada di XP dengan Virtual Machine di Windows 7 keatas. Microsoft menyediakan "XP Mode" secara gratis untuk Windows 7 Professional ke atas. Bisa juga menggunakan VMware Player dan itu gratis. 

    9. Tidak menggunakan Jaringan Internet

    Kalau semua hal yang kita lakukan diatas gagal, dan teman-teman tetap ingin menggunakan XP. Maka boleh mempertimbangkan untuk tidak menggunakan koneksi Internet. Kalau teman-teman memilih langkah ini, maka langkah-langkah yang diatas, bisa di skip semuanya. Hanya bagi yang tidak membutuhkan Internet. 

    Dengan menggunakan metode terakhir ini, maka para penyusup tidak akan bisa menyerang Anda. Karena tidak bisa menjangkau teman-teman melalui jaringan Internet. 

    Nah, semuanya kembali lagi ke teman-teman. Mau repot? atau mau gampang? Apakah mau belajar sesuatu hal baru? Apakah mau keluar dari zona nyaman kita? Semuanya, kembali lagi ke teman-teman. Cara yang terbaik masih pindah ke OS terbaru. Coba dulu, kalau tidak tertarik menggunakan Windows baru, maka bisa mencoba Linux Distro. Sekarang sudah berkembang pesat dan juga lebih aman dari pada Windows.






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155