Tips Merawat flashdisk agar tidak mudah rusak

18/09/2014    Reza Indra    683     Teknologi

Benda kecil yang selalu dibawa-bawa pergi, kadang disimpan di tas atau dijadikan kalung, apa kah itu? Yap, jawabannya adalah Flashdisk. Benda yang satu ini memang sangat berguna bagi setiap orang, khususnya para pelajar ataupun orang-orang yang pekerjaannya berhubungan dengan komputer. Flashdisk berguna untuk menyimpan banyak data, seperti lagu, video, software, dokumen word, gambar dll. Selain itu falashdisk juga digunakan untuk memindahkan data dari komputer satu ke komputer lainnya.

Namun, jangan biarkan flashdisk milikmu menjadi sumber virus atau rusak. Walaupun harganya tidak mahal, ya... tapi apa salahnya jika kita menjaganya dengan baik. Berikut adalah tips bagaimana menjaga dan merawat flashdisk agar tidak mudah rusak.

1. Cabut flashdisk dengan benar

Jangan cabut flashdisk asal-asalan ya... Cabutlah dari komputer anda pake perasaan. Ikuti prosedur yang benar, pastikan lakukan Eject dengan benar sebelum mencabut flashdisk. Jika kita asal-asalan, akibatnya bukan hanya data saja yang akan hilang dan rusak, Namun dapat mengurangi umur flashdisk kita.

2. Jangan terlalu sering melakukan format

Jangan sering memformat flashdisk, akibatnya bisa menimbulkan kerusakan pada sistemnya. Lakukan format seperlunya saja. Selalu delete data yang kira-kita sudah tidak dipakai karena akan menimbulkan adanya virus.

3. Hindari dari medan magnet

Jangan sering menyimpan flashdisk di dekat medan magnet seperti HP, TV, dan Speaker. Ini akan menyebabkan kerusakan sistem, dan tidak dapat digunakan lagi.

4. Jangan Men-Defrag Flashdisk

Defrag adalah kegiatan menyusun file-file dalam komputer/hardisk sehingga menjadi rapih menggunakan alat defrag. Nah, jangan anda lakukan ini pada flashdisk kamu karena proses defrag akan menambah proses read/write yang akan mengurangi masa hidup si flashdisk.

5. Jaga dari komputer yang terinfeksi

Flashdisk sering menjadi sarana pertukaran virus komputer. Makanya hati-hati mencolokan flashdiskmu ke komputer teman. Kalau mau dipinjem teman, bilang aja tidak bawa, atau hilang :).

6. Simpan baik-baik

Yang terakhir adalah simpanlah flashdisk dengan baik di tempat yang sejuk. Kalau flashdisk punya kamu hilang, percuma kamu merawatnya... serta jangan sampai lupa ketinggalan di tempat kursus :).

Nah, itulah tips bagaimana merawat flashdisk dengan baik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terima kasih... Dadah.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More