Tipe Data Numerik Pada MySQL

23/04/2014    Reza Indra    22000     Website

Ketika membuat table pada MySQL, kita terkadang bingung dengan banyaknya tipe-tipe data yang akan dipilih untuk mendefinisikan suatu kolom. Untuk itu saya akan menjelaskan satu tipe data numerik dalam MySQL.

Dalam MySQl tipe data numerik (angka) meliputi Integer, Fixed Point, dan Floating Point.

1. Integer

Integer adalah tipe data untuk bilangan bulat (seperti: 1,5,72,-533, 1223). Tipe data integer terbagi lagi menjadi beberapa tipe data yaitu TINYINT, SMALLINT, MEDIUMINT, Integer (INT), dan BIGINT. Perbedaan dari tipe-tipe data tersebut adalah lebih kepada jangkauan dan ukurannya.

2. Fixed Point

Fixed Point adalah tipe untuk bilangan DECIMAL, dimana jumlah angka pecahan (angka di belakang koma) sudah menjadi default. Besar jangkauan tipe data fixed point ini tergantung dari opsional query (M,D). M adalah jumlah digit keseluruhan, dan D adalah jumlah digit dibekang koma (pecahan). Nilai maksimal untuk M adalah 65, dan nilai maksimal D adalah 30.

3. Floating Point

Jika saat diinput nilai pecahan Fixed Point bersifat tetap, maka Floating Point dapat berbeda-beda. Untuk tipe data Float Point, MySQL membagi 2 tipe data, yaitu FLOAT dan DOUBLE. Perbedaan antara keduannya adalah besar jangkauan, dimana DOUBLE memiliki besar jangkauan yang lebih dari FLOAT.

Penggunaan tipe-tipe data diatas sesuai dengan kebutuhan. Misalnya kita akan membuat kolom dengan nama NIM Mahasiswa untuk jangkauan data 8 digit angka, maka kita bisa menggunakan type data INT. Atau membuat kolom harga dengan menggunakan nilai pecahan, kita dapat menggunakan DECIMAL, FLOAT atau DOUBLE.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More