Tipe Data Huruf (String) Pada MySQL

24/04/2014    Reza Indra    6798     Website

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang tipe data Numerik. Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tipe data karakter atau huruf, dalam bahasa pemrograman lebih dikenal dengan istilah tipe data string. Pada MySQL, tipe data string dibagi menjadi beberapa tipe data yakni: CHAR, VARCHAR, BINARY, VARBINARY, TEXT dan BLOB. Perbadaan diantara tipe-tipe data tersebut adalah ukuran, cara penyimpanan, dan sifat case-sensitif.

1. Tipe data CHAR dan VARCHAR

Tipe data CHAR dan VARCHAR merupakan tipe data yang sering kita gunakan dalam membuat sebuah kolom. Format query nya adalah CHAR(M) dan VARCHAR(M) dimana M merupakan jumlah karakter yang dapat diinput pada MySQL. Misalnya CHAR(5), berarti batas karakter maksimal untuk kolom tersebut adalah sebanyak 5 karakter. Panjang karakter maksimal pada CHAR adalah 255 karakter dan untuk VARCHAR adalah 65,535 karakter.



Dari table di atas dapat dilihat bahwa tipe data CHAR memiliki ukuran penyimpanan yang tetap walaupun data yang diinputkan kurang dari 5 karakter. Sedangkan VARCHAR memiliki ukuran penyimpanan data yang berubah-ubah tergantung panjang karakter yang diinput.
Tipe data CHAR dan VARCHAR bersifat case-insensitif (tidak membedakan huruf besar dan kecil).

2. Tipe data BINARY dan VARBINARY

Pada dasarnya tipe data BINARY dan VARBINARY sama dengan tipe data CHAR dan VARCHAR. Perbedaannya terletak pada struktur penyimpanan dalam MySQL, dimana tipe data BINARY dan VARBINARY disimpan secara biner (bit per bit), bukan secara karakter seperti CHAR dan VARCHAR.

Tipe data BINARY dan VARBINARY bersifat case-sensitif (membedakan huruf besar dan kecil).
Format query nya adalah BINARY(M) dan VARBINARY(M). M merupakan panjang karakter yang bisa diinput. Panjang karakter maksimal untuk BINARY adalah 255 dan VARBINARY adalah 65,535.

3. Tipe Data TEXT

Tipe data TEXT digunakan untuk menyimpan karakter yang lebih besar. Tipe data TEXT terdiri dari: TINYTEXT, TEXT, MEDIUMTEXT, dan LONGTEXT. Perbedaannya terlihat pada ukuran maksimal pada masing-masing tipe data. Tipe data ini bersifat case-insensitif (tidak membedakan huruf besar dan kecil).



Ukuran penyimpanan tergantung banyak data yang dimasukan.

4. Tipe Data BLOB

Tipe data BLOB merupakan tipe data versi biner dari TEXT, dimana karakter akan disimpan secara bit. Dimana tipe data ini bersifat case-sensitif (membedakan huruf besar dan kecil). Tipe data BLOB juga dibedakan menjadi beberapa tipe data yakni: TINY BLOB, BLOB, MEDIUM BLOB, dan LONGBLOB. Perbedaanya terletak pada ukuran panjang karakter dan penyimpanan.


 

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More