Swarm - The New Foursquare

21/08/2014    Estu Susilo    1822     Desain

Baru-baru ini Foursquare mengumkan bahwa fasilitas check-in tidak lagi ada di Foursquare, alternatifnya Foursquare melahirkan aplikasi bernama 'Swarm' yang memfasilitasi pengguna foursquare untuk melakukan check-in. Kini foursquare hanya fokus sebagai layanan penyedia informasi lokasi.

Apa itu swarm ?

Swarm, sebenarnya tidak berbeda dengan foursquare yang dahulu kita kenal. Ciri khas Swarm adalah pada fitur Nighbourhood Sharing, di mana kita bisa membuka informasi tentang keberadaan diri kita, tanpa harus melakukan check-in. Secara default, ketika kita pertama kali membuka Swarm, maka fitur tersebut akan dalam kondisi menyala. Bagi pengguna yang ingin menjaga privasinya, bisa langsung mematikan fitur tersebut dengan me-swipe baris (bar) Neighbourhood Sharing yang berada di posisi atas layar, satu bidang dengan tombol check-in.

Mengapa harus Swarm ?

Sejak pertama kali hadir di tahun 2009, Foursquare adalah aplikasi menyenangkan untuk para penggunanya di mana mereka semua bebas check-in di tempat manapun. Dengan itu juga pengguna mengejar tantangan 'Foursquare' untuk check in di beberapa tempat agar mendapatkan Beadges.

Masalah dimulai saat database lokasi yang saat ini dimiliki Foursquare memperkuat fungsi pencarian tempat-tempat menarik. Sayangnya, ketika Foursquare sudah menambahkan fungsi tersebut ke dalam aplikasi mereka dan melakukan test, hasilnya sangat mengecewakan. Bukannya si fitur yang tidak berjalan baik, tapi para pengguna yang malah cenderung untuk tidak menggunakan fitur tersebut, dan hanya fokus melakukan check-in di tempat-tempat yang baru.

Swarm terlahir dengan kelebihan yang bisa menentukan lokasi kita secara otomatis, tanpa perli melakukan check-in. Swarm menggunakan algoritma yang bernama 'Pilgrim' untuk menentukan lokasi berdasarkan database yang dimilikinya.

Dengan teknologi itu Swarm langsung mengetahuin lokasi kita, misalnya anda sedang berada di sebuah restoran, maka Swarm langsung memberikan informasi tentang menu-menu yang mungkin anda sukai di restoran itu.

Dengan Swarm, 'Foursquare' berharap agar dapat terus memberbaiki layanan. Jadi bagaimana dengan anda, sudah download aplikasi ini ? Jangan lupa ya untuk Check-in hari ini.

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More