StreetView Bisa Diakses Di Negeri Tercinta

22/08/2014    Alfiana Irsyada Salma    730     Desain

Google sebuah raksasa perusahaan terbesar di dunia telah banyak memperkenalkan berbagai macam layanan dengan fitur-fitur yang menarik. Salah satu layanannya yaitu Google Maps dan didalam Google Maps terdapat sebuah fitur baru yaitu StreetView yang akhirnya kini bisa menjangkau negara kita Indonesia tercinta.

Beberapa waktu lalu, Pengguna Google Maps yang membuka peta kota Jakarta, Surabaya, Denpasar dan sekitarnya menemukan menu baru untuk mengakses fitur StreetView. Melalui menu tersebut pengguna bisa menjelajahi, jalan-jalan di kota-kota tersebut dengan melihat langsung wujud nyatanya.

Jakarta, Surabaya dan Denpasar di daftar kota bisa dijelajahi dengan menggunakan Google StreetView kota-kota tersebut memang sudah diprediksikan sejak lalu. StreetView, memang sempat terlihat telah mengelilingi jalan-jalan di Jakarta tahun lalu. Setelah memproses gambar-gambar yang telah diambil oleh mobil milik Google nampaknya pihak Google sudah siap merilis StreetView untuk tiga kota besar di Indonesia.

Google tampaknya telah mengumpulkan gambar yang cukup untuk pemetaan di seluruh wilayah Jakarta dan sekitarnya. Berdasarkan dari halaman Google Maps jalan-jalan di setiap penjuru kota seperti Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur serta sebagian kota Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Bekasi dan Bogor telah siap untuk dijelajahi dengan layanan StreetView. Jalur pantura dari wilayah Jakarta hingga jawa tengah pun sebagiannya sudah bisa diakses melalui StreetView.

StreetView merupakan fitur yang terdapat didalam layanan Google Maps yang menyediakan pemandangan virtual 360 derajat disuatu daerah itu, kini sudah bisa diakses. Sejumlah wilayah populer didaerah itu kini bisa dinikmati melalui StreetView seperti Museum, Hotel, tempat wisata dan lain sebagainya. Tak hanya objek-objek wisata, jalan-jalan pun bisa dijelajahi di PC dan Smartphone.

Sebenarnya, proyek Google StreetView sendiri sudah diluncurkan Google pada 2007 tahun lalu di berbagai negara. Di Indonesia sendiri proyek tersebut ternyata sudah dimulai sejak Oktober tahun 2012. Namun belum bisa diakses dengan baik.

Untuk mengambil gambar-gambar pemandangan daerah-daerah tersebut, Google menggunakan mobil khusus miliknya yang telah dilengkapi dengan kamera yang bisa mengambil gambar 360 derajat untuk melakukan pemetaan di sejumlah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Bagi kalian yang ingin mengakses layanan Google StreetView bisa dibuka dari situs http://maps.google.com, lalu klik area yang ingin kamu kunjungi dan pilih menu StreetView yang muncul dibawah area pencarian. Bisa juga dengan cara lain yaitu dengan menyeret (drag) icon gambar orang berwarna kuning yang terletak di kanan bawah layar browser ke area yang akan dijelajahi.

Kalian penasaran dengan fitur StreetView ? Kamu bisa menggunakan tombol yang terletak di bagian kanan bawah layar Google Maps untuk menampilkan daerah-daerah mana yang bisa kamu jelajahi dengan StreetView. Silahkan mencoba.

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More