Sepeninggal Steve Jobs, Apple Diperingkat Pertama Dunia!

10/12/2013    Renra Sedoya    1232     Artikel Bebas

Nampaknya kiprah Apple di dunia teknologi semakin bersinar sepeninggal Steve Jobs, founder Apple yang paling dikagumi di dunia semasa hidupnya, bagaimana tidak terobosan-terobosan seperti komputer Macintosh, iPod, iPhone, iPhone, telah sukses membawa nama Apple melambung tinggi sehingga terus melambungkan nilai sahamnya hingga mencapai $500 per lembar saham.

Berdasarkan 2012 Harris Poll Reputation Quotient (RQ), Apple menduduki peringkat pertama mengalahkan Google dalam ajang pemilihan reputasi perusahaan terbaik. Survei tersebut mengukur tingkat reputasi untuk nama brand perusahaan di Amerika dengan cara menyediakan polling ke publik dari sekitar 60 kandidat perusahaan. Dengan hasil survei tersebut, berarti Apple berhasil menggeser posisi Google yang sebelumnya pada tahun 2011 menempati reputasi terbaik di tingkat pertama. Beberapa perusahaan selain Apple, yang menduduki peringkat 5 besar reputasi dan brand terbaik secara berurutan diantaranya adalah  Google, Coca Cola, Amazon.com dan Kraft Foods.

Reputation Quotient (RQ), mengukur 6 faktor yang berbeda yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam kaitannya dengan reputasi. Keenam faktor yang diukur tersebut adalah:

  1. Social Responsibility, berkaitan dengan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap publik.
  2. Emotional Appeal, berkaitan dengan pengaruh keberadaan perusahaan secara emosional terhadap publik.
  3. Financial Performance, berkaitan dengan bagaimana kemampuan dan kondisi kesehatan keuangan perusahaan.
  4. Products & Services, berkaitan dengan produk dan jasa perusahaan yang ditawarkan ke publik.
  5. Vision & Leadership, berkaitan dengan visi dan kepemimpinan perusahaan.
  6. Workplace Environment, berkaitan dengan lingkungan kerja perusahaan.

Wow ternyata Apple berhasil memperoleh keunggulan di 4 kriteria, yaitu Financial Performance, Products & Services, Vision & Leadership dan Workplace Environment. Sementara reputasi Social Responsibility terbaik dipegang oleh Whole Foods, yang produknya memang berupa makanan sehat, sedangkan reputasi Emotional Appeal dipegang oleh Amazon.com, karena perusahaan ini memang yang terbaik, tidak mempunyai toko, namun sangat terkenal luas.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More