Search Engine Bing Mengalahkan Yahoo!

12/12/2013    Renra Sedoya    846     Artikel Bebas

Search engine apakah yang sering Anda gunakan? Saya coba tebak, pasti google. Ya, memang berdasarkan data survei terbaru di bulan Desember 2011 yang dilakukan oleh comScore, Google tetap mendominasi pangsa pasar mesin pencari di ranah maya, yaitu sekitar 65,9%, angka ini turun sedikit bila dibandingkan dengan data bulan Desember 2010, yaitu sekitar 66,6%.

Hal yang sedang seru adalah “pertarungan” antara mesin pencari milik Microsoft, yaitu Bing dan Yahoo Search. Dari data riset yang diperoleh, pangsa pasar Yahoo Search menurun di bulan Desember 2011, yaitu sekitar 14,5%. Sedangkan di bulan Desember 2010, pangsa pasar Yahoo masih sekitar 16%. Sedangkan uniknya, mesin pencari terbaru yang diperkenalkan Microsoft di tahun 2009 untuk menggantikan Live Search ini berhasil “mengalahkan” Yahoo Search untuk pertama kali di tahun 2011. Bing mempunyai pangsa pasar di bulan Desember 2011 sebesar 15,1%, naik sekitar 3% dari bulan Desember 2010. Bila ditotal, ternyata Yahoo Search dan Bing mempunyai potensi yang besar juga, yaitu sekitar 29,6% mendominasi mesin pencari.  

Secara banyaknya pencarian, kita dapat melihat dari survei bahwa Google menempati posisi pertama sekitar 12 juta pencarian, Microsoft Bing sekitar 2,7 juta pencarian dan Yahoo Search sekitar 2,6 juta pencarian. Mungkin kita masih penasaran sebenarnya apa yang melatarbelakangi kenaikan “tingkat” Bing? Nyatanya mungkin ini adalah “hasil” yang telah nampak dari proyek kerjasama yang digarap Microsoft dengan Yahoo.  Proyek seperti apa? Pada tanggal 29 July 2009, Microsoft dan Yahoo! Mengumumkan bahwa mereka membuat perjanjian 10 tahun dimana Yahoo! Search akan digantikan oleh Bing. Keuntungan buat Yahoo! Adalah memperoleh 88% keuntungan dari semua pencarian dan penjualan iklan di website selama 5 tahun pertama dan mempunyai hak untuk menjual iklan di beberapa situs milik Microsoft. Dalam kerjasama ini, Yahoo! Tetap mengelola user interface webnya tapi terdapat branding “ Powered by Bing”. Ya semoga kedepannya akan bersinergi menjadi mesin pencari yang tangguh!

kursus seo, kursus internet marketing

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More