Blog Request tutorial? klik disini!

  • Prinsip Dasar Video Production

    Ditulis oleh: Bartho B.S
    2487 kali dibaca
    25 Mar / 2014 16:15

    Hallo... Perkenalkan saya Bartho, salah satu instruktur di Dumet School, materi Video Editing. Pada kesempatan ini, saya ingin memberikan sedikit pengenalan tentang dasar dalam Produksi sebuah video/film. Dalam memproduksi sebuah video, kita harus melalui berbagai proses, agar video yang kita produksi dapat menjadi video yang baik dan berkualitas. Membangun sebuah konsep yang matang diperlukan agar video yang kita produksi tidak hanya menjadi sebuah video yang biasa dan membosankan, tetapi menjadi sebuah video yang menarik dan banyak disukai oleh orang. Selain itu, dari segi pengambilan gambar, dan juga editing sangat berpengaruh dalam memproduksi sebuah video. Dimana dengan stock gambar yang ada, kita dapat membuat sebuah video yang sangat menarik, dengan editing yang baik.

    Berikut ini akan dijelaskan Proses Produksi Video dari awal sampai akhir.

    Preproduction / Praproduksi

    Tahap ini merupakan tahapan Perencanaan. Secara umum merupakan sebuah Persiapan sebelum memulai proses Produksi (shooting). Pada intinya tujuan pra produksi adalah mempersiapkan segala sesuatunya agar proses produksi dapat berjalan sesuai konsep dan menghasilkan suatu karya digital video sesuai dengan harapan.

    berikut adalah tahapan-tahapan dari Preproduction antara lain:

    Storyline

    Merupakan point-point penting dari jalan cerita yang akan kita buat. Nantinya dari point-point ini akan dibagi lagi menjadi beberapa scene, misalnya disesuaikan dengan tempatnya, agar proses produksi dapat berjalan dengan efisien, tidak membuang tenaga dan waktu.

    Script/Skenario

    Jika storyline sudah ada, maka kita lanjutkan dengan Script/scenario yang berisi dialogn narasi, catatan tentang setting lokasi, action, lighting, sudut dan pergerakan kamera, sound atmosfir, dan lain sebagainya.

    Storyboard

    Merupakan coretan gambar/sketsa seperti gambar komik yang menggambarkan kejadian dalam film. Di  dalam gambar tersebut juga berisi catatan mengenai adegan, sound, sudut dan pergerakan kamera, dan lain sebagainya. Penggunaan storyboard jelas akan mempermudah pelaksanaan dalam proses produksi nantinya. Dengan catatan kita sudah menguasai konsep serta tataruang yang akan dipakai dalam produksi/pengambilan gambar.

    Rencana Anggaran

    Rencana anggaran diperlukan untuk memperkirakan pengeluaran. Dengan adanya perencanaan anggaran, kita dapat mengatur pengeluaran apa saja yang penting dan yang tidak penting. Bisanya rencana anggaran meliputi gaji untuk kita, rekan kerja, aktor dan talent lainnya (effect specialist, graphic designer, musisi, narrator, dan animal trainers), begitu pula dengan sewa peralatan, sewa lokasi, kostum, propertis, catering dan lainnya.

     

    Production/Produksi

    Proses Produksi merupakan proses perekaman/pengambilan gambar. Proses ini merupakan proses yang paling penting, dimana kita harus benar-bebar bisa mengambil/merekam adegan sesuai dengan yang sudah direncanakan. Diharapkan dengan adanya konsep yang matang, dibantu dengan persiapan praproduksi, dapat membuat proses perekaman berjalan dengan lancar.

     

    Post-Production

    Setelah Proses Produksi selesai, maka dihasilkan footage atau koleksi klip video. Disinilah tahapan pengeditan klip-klip video yang sudah kita peroleh dari proses produksi. Tentu saja tidak hanya sekedar menyusun klip-kip tersebut, tetapi menambahkan juga beberapa visual effect, gambar, title, dan soundtrack agar menjadi sebuah video yang lengkap dan menarik.

    Ada beberapa software yang dapat membantu kita dalam melewati proses ini, antara lain :

    Adobe Premiere Pro, software Editing yang real-time untuk para professional dalam bidang Digital Video Production.

    Adobe After Effect, sebuah software khusus untuk Motion Graphic dan Visual Effect.

    Adobe AuditionTM, merupakan software professional pengolahan Audio Digital.

    Adobe Media Encoder, software professional untuk mengekspor hasil akhir video kedalam DVD atau format video lainnya seperti youtube, vimeo, mobile phone, dan sebagainya.

    Selain itu masih ada dua software grafis professional yang juga akan membantu dalam menghasilkan elemen-elemen grafis dengan kualits tinggi, software tersebut adalah Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Disarankan kepada para pembaca agar menggunakan Produk Adobe terbaru yaitu Adobe Master Collection Creative Suite 6 agar pekerjaan semakin lebih mudah dan cepat.  

    Sekian, Semoga bermanfaat teman-teman......






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155