Blog Request tutorial? klik disini!

  • Photoshop Vs Illustrator Vs Indesign

    Ditulis oleh: Bartho B.S
    6229 kali dibaca
    09 Jun / 2014 19:12

    Halo teman-teman... dalam artikel kali ini saya akan sedikit membahas tentang apa saja perbedaan antara Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe InDesign. Jadinya nanti supaya teman-teman tahu dan bisa memahami apa sih sebenarnya perbedaan dari ke-3 Software itu. Nah, untuk lebih jelasnya, langsung saja disimak artikelnya.

     

    PHOTOSHOP

    Pertama yang kita bahas disini adalah Adobe Photoshop. Seperti yang kita ketahui bersama, Photoshop dan software lain yang saya sebutkan diatas adalah buatan sebuah Perusahaan Software Raksasa ADOBE. Dimana menyediakan berbagai kebutuhan software yang bisa digunakan untuk membuat dan mendesain berbagai macam media. Baik dari Foto, Media Cetak, Suara, Audio Visual, dan juga Animasi.

    Photoshop merupakan salah satunya yang biasa digunakan untuk mengedit berbagai macam foto dan gambar.Mulai dari Digital Imaging, Touch Up atau yang biasa kita kenal dengan Make Up, sampai pada membuat berbagai Media media Cetak, hingga Desain Website. semuanya bisa dilakukan di Photoshop. Tetapi sedikit informasi intuk teman-teman nih, meskipun Photoshop itu bisa melakukan semua yang kita inginkan, sebenarnya dia dibuat khusus untuk mengedit foto dan gambar yang sudah jadi.

    Untuk mengedit foto atau sebuah gambar, Photoshop menyediakan berbagai Tools yang senantiasa dapat kita gunakan. Dikarenakan tools di Photoshop sangatlah banyak dan bervariasi serta fleksibel, jadinya, seakan-akan mendesain semuanya jadi bisa dilakukan dengan 1 softare saja, padahal masih ada software editing lainnya yang bisa lebih bekerja maksimal untuk misalnya membuat sebuah desain untuk Media Cetak. Contohnya adalah Illustrator dan InDesign.

     

    ILLUSTRATOR

    Adobe Illustrator, sesuai dengan namanya, diguanakn untuk membuat sebuah illustrasi. Membuat berbagai objek visual yang kebanyakan diperuntukkan untuk percetakan. Mengapa demikian? Illusrtrator terkenal dengan hasil gambar yang jika dibesarkan tidak akan pecah. Format gambar tersebut adalah Vector. Vector merupakan sebuah format gambar yang akan kita dapatkan ketika semua gambar yang ada, semua desain yang ada, dibuat dari awal menggunakan Adobe Illustrator tanpa memasukkan gambar-gambar apapun seperti Foto, Gambar dari Internet, dan lain-lain. 

    Biasanya Illustrator ini digunakan oleh para Desainer Grafis untuk membuat berbagai Desain yang berhubungan dengan dunia percetakan. Karena dari awal, software ini memang menggunakan Mode Warna CMYK yang juga digunakan pada mesin-mesin Cetak dan Printing. Dengan Mode Warna CMYK, Adobe Illustrator dpat menghasilkan warna-warna yang sesuai dengan aturan pada warna-warna percetakan, sehingga dapat menjamin Desain yang kita cetak, warnanya tidak akan berubah dengan apa yang sudah ada di layar monitor komputer.

    Apa saja yang biasa dibuat di Illustrator? Nah, beberapa desain yang biasanya dibuat di Illustrator itu adalah Desain Packaging, Logo, Media-media Promosi (cetak) seperti Flyer, Brosur, Kartu Nama, spanduk, banner, dan desain-desain lainnya yang memerlukan keakuratan ukuran dan warna.

     

    InDESIGN

    Adobe InDesign hampir sama dengan Illustrator, merupakan sebuah software editing yang biasa digunakan untuk membuat media-media cetak. Adobe InDesign dikhususkan untuk membuat Buku, atau Majalah, Koran, Katalog, dan media-media cetak lainnya yang terdiri dari lebih dari satu halaman. Adobe InDesign memudahkan para desainer dalam membuat desain-desain yang berbeda-beda disetiap halaman pada sebuah Buku, Majalah, dll. Sangat mudah mengatur penempatan serta mendesain layout di InDesign. 

    Karena diperuntukkan untuk media cetak, InDesign sama dengan Illustrator menggunakan Mode Warna CMYK yang memberikan keakuratan warna dan ukuran pada setiap lebar halaman dalam sebuah majalah. Tampilan pada Adobe InDesign juga sudah diatur sedemikian rupa sehingga mudah digunakan, ketika akan mendesain majalan/buku, koran, dll.






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155