Perbedaan wordpress.org dan wordpress.com

14/10/2014    Aulia Rahmah Alhafidz    897     Website

Untuk pengguna wordpress pemula terkadang merasa bingung apa sebenarnya yang berbeda dari situs wordpress.org dan wordpress.com. Benar? Dan mungkin banyak juga yang bertanya-tanya, yang manakah situs resmi/asli wordpress. org atau com?

Baiklah kita mulai dengan apa itu wordpress? Wordpress adalah aplikasi open source yang dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little yang sekarang sudah sangat populer dan seringkali digunakan sebagai blog. Wordpress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Tak hanya sebagai blog, tapi wordpress juga sekarang digunakan sebagai CMS (Content Management System) karena wordpress mudah dimodifikasi dan disesuaikan sesuai keinginan penggunanya.

wordpress.org dan wordpress.com, dua duanya memang situs resmi Wordpress. Lalu apa perbedaannya?

wordpress.org

wordpress.org biasanya digunakan para developer untuk membuat websitenya sendiri. Di situs ini, kita bisa mendownload keseluruhan berkas CMS Wordpress. Dan CMS ini bisa kita modifikasi seluruhnya jika kita menguasai PHP, CSS dan script lainnya. Dalam hal ini, kita bisa mengedit website secara offline dengan menggunakan platform wordpress yang nantinya akan diupload ke hosting. Dan tanpa ada hubungan dengan wordpress.com (kita yang mempunyai hosting).

Jadi, wordpress.org digunakan untuk pengguna yang ingin memodifikasi tampilan WordPress sesuai keinginan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan domain dan hosting sendiri.

wordpress.com

wordpress.com adalah situs penyedia blog gratis dengan software yang digunakan adalah wordpress. Sama seperti wordpress.org, jika wordpress.org digunakan secara offline dan harus ada proses instalasi terlebih dahulu, wordpress.com digunakan secara online dan tanpa ada proses instalasi (bisa langsung digunakan).

Jadi, wordpress.com digunakan untuk pengguna yang ingin membuat blog atau website sendiri secara cepat dan langsung mempunyai alamat website dengan nama seperti namawesitekamu.wordpress.com.

Sudah jelas kan perbedaannya? Semoga bermanfaat ya :)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More