OOP : Memahami Object Class Properti dan Method

14/07/2014    Rully Febrian    1211     Website

OOP merupakan cara yang paling efisien untuk menulis program komputer yang sangat mudah untuk dikombinasikan dan untuk dipergunakan kembali. OOP lebih memfokuskan kepada manipulasi object. Kenapa seorang programmer harus mempelajari OOP, karenasuatu saat nantisemua bahasa pemograman akan menambahkan kemampuan OOP pada bahasanya.

Selanjutnya kita akan membahas beberapa konsep dasar yang biasanya terdapat pada bahasa pemograman yang mendukung OOP :

Object

Object merupakan segala sesuatu yang dapat dibedakan satu sama lain. Contohnya : manusia, mobil, hewan, tumbuhan, tempat atau bahkan tidak bersifat fisik seperti kejadian atau konsep. Dalam OOP Object berfungsi untuk membungkus data dan fungsi bersama menjadi satu unit dalam sebuah program komputer. Object merupakan dasar dari modularitas dan struktur yang berorientasi object. Object memiliki 2 ciri yaitu Atribut dan Method.

Ilustrasi : Object -> Manusia
Atribut : tinggi, umur, berat.
Method : jalan, lari lompat.

Class

Class merupakan tempalate untuk membuat object berupa kumpulan atas definisi data dan fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Contohnya class of cat mendefinisikan suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada beberapa macam prilaku/turunan dari kucing.

Properti

Properti atau Atribut adalah data yang membedakan antara object satu dengan yang lainnya. Contohnya Object Manusia yang memiliki Atribut : tinggi, umur, dan berat.

Dalam class Atribut sering disebut dengan variabel. Atribut dibagi menjadi 2 yaitu : Instance variabel dan Class variabel.

Method

Method atau disebut juga tingkah laku adalah hal-hal yang bisa dilakukan object dari suatu Class. Method dapat digunakan untuk mengubah nilai atribut suatu object, menerima informasi dari object lain, dan mengirim informasi dari object lain. Cara object berkomunikasi dengan object lain adalah dengan menggunakan method.

OOP-Memahami-Object-Class-Properti-dan-Method

Demikian penjelasan mengenai konsep dasar OOP. Untuk menambah pengetahuan OOP baca juga Memahami Fungsi Setter Getter Pada Penerapan Encapsuplation

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More