Blog Request tutorial? klik disini!

  • Moment Bersejarah Dalam Perkembangan Dunia Internet

    Ditulis oleh: Reza Indra Gunawan
    586 kali dibaca
    06 Nov / 2014 23:35

    Sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1969, perkembangan Internet sampai saat ini sudah mengalami kemajuan yang begitu pesat, ketergantungan akan internet begitu terasa, dari masyarakat perkotaan hingga masyarakat yang tinggal dalam pelosok desa sudah bisa merasakan hebatnya teknologi internet. Dengan Internet, kita serasa dapat menjelajahi luasnya dunia dan berkenalan dengan seluruh orang dari berbagai negara.

    Hingga tahun 2014 saja, tercatat sudah lebih dari 1 miliar website, 183 miliar email terkirim perhari, 1.8 miliar Upload Foto, 1.5 Triliun Transaksi Online dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat membuat anda merasa takjub. Nah, berikut saya sudah merangkum catatan waktu bersejarah perkembangan dunia internet, mulai dari kapan awal mula adanya website, domain, email hingga siapa orang pertama yang bergabung dengan sosial media Facebook. Berikut ulasannya, chek it out.

    Email Pertama Yang Terkirim

    Email pertama kali dikirim pada tahun 1971. Sekarang, lebih dari 182.900.000.000 email yang dikirim setiap harinya oleh seluruh orang di dunia.

    Pada tahun 1971, Ray Tomlinson seorang insinyur, sedang berusaha menemukan sesuatu yang bisa dilakukan dengan ARPANET (pendahulu Internet). Tomlinson ingin menemukan cara untuk berinteraksi dengan rekan kerja dari jarak jauh, karena tidak pernah menjawab teleponnya. Dia menggunakan dua buah komputer ditempatkan beberapa meter terpisah, ia menemukan dan menguji sistem email pertama. Menurut kabarnya, Tomlinson sendiri tidak ingat apa isi dari email pertama yang dia kirim.

    Sejak awal kemunculan, teknologi Email masih sangat sederhana, kini telah berkembang menjadi sesuatu yang sangat kita butuhkan. Pada 2014, sekitar 183 miliar email dikirim setiap hari. Selain itu, jumlah account email di seluruh dunia diperkirakan akan mencapai 4,9 miliar pada akhir 2017.

    Email Spam Pertama

    Pada tahun 1978 sekitar 400 orang pengguna, menerima email spam yang pertama. Sekarang, 54 miliar email spam dikirim setiap harinya.

    Gary Thuerk, adalah orang pertama yang menyebabkan adanya email spam. Awalnya dia mengirimkan email kepada sekitar 400 pengguna lain di ARPANET pada tahun 1978. Pesan itu dimaksudkan untuk mempromosikan produk baru miliknya. Pada saat itu, saluran ARPANET masih dengan kegunaan yang terbatas, hal inilah yang menyebabkan terjadinya email spam.

    Pada april 2014 menurut laporan Cyberoam, rata-rata tingkat spam perhari di seluruh dunia adalah sekitar 54 miliar email. Kadang, dalam beberapa hari dapat lebih banyak lagi.

    Registrasi Nama Domain Pertama

    Nama domain pertama terdaftar adalah symbolics.com pada tahun 1985. Saat ini, ada sekitar 271 juta URL domain yang terdaftar.

    Nama domain pertama yang pernah terdaftar adalah symbolics.com pada bulan Maret 1985. Domain itu dibeli oleh Symbolics Computer Corporation, sebuah perusahaan pengembangan komputer. Mereka mempertahankan domain pada tahun 2009, sampai dijual ke grup investasi yang berbasis di Texas, yang terus melestarikan warisan online. Anda masih dapat mengunjungi symbolics.com dan membaca tentang sejarahnya di sini.

    Pada April 2014, Verisign melaporkan total 271 juta nama domain terdaftar. Pada tahun 2013 terjadi kenaikan pembelian domain sebesar 7.3% lebih, dibandingkan tahun 2012, dan .com tetap yang paling populer sebagai top-level domain.

    Website Online Pertama

    Tim Berners-Lee menciptakan situs web pertama pada tahun 1991. Pada 2014, ada 1 miliar lebih situs yang tersebar di Internet.

    Situs web pertama di Internet, yang Anda masih dapat mengunjungi hari ini, diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada 6 Agustus 1991. Situs ini memberikan informasi mengenai "World Wide Web," penemuan Berners-Lee pada dasarnya yang terdiri dari dokumen yang terhubung oleh link dan dijalankan pada browser web.

    Berners-Lee juga menemukan web browser pertama, berjudul sama "WorldWideWeb"; browser dirilis pada bulan Desember 1990 dan mampu dengan baik menampilkan halaman web.

    Unggah Foto di Internet Pertama

    Foto pertama yang diupload adalah pada tahun 1992. Hari ini 1.8 miliar foto diunggah setiap harinya.

    Tim Berners-Lee pencipta World Wide Web, melakukan upload foto pertama ke Internet pada tahun 1992. Foto itu adalah foto musik komedi berjudul Les Horribles Cernettes, terdiri dari empat perempuan yang merupakan karyawati dari Organisasi Eropa.

    Berners-Lee juga meminta salah satu anggota untuk melakukan upload beberapa foto, setelah dia memperlihatkan pada 4 wanita tersebut pada tahun 1992, tapi ia tidak tahu apa yang akan dilakukan terhadap foto itu.

    Saat ini, sekitar 1.8 miliar foto diupload dan berbagi secara online setiap hari, antara platform seperti Facebook, SnapChat, WhatsApp, Flickr dan sebagainya.

    Pembuatan Search Engine Pertama

    Mesin pencari pertama diciptakan pada tahun 1990. Saat ini, ada 45.000 lebih aktifitas pencarian Google per detik.

    Pada tahun 1990, The McGill University School of Computer Science meluncurkan Archie, alat yang memungkinkan orang untuk menemukan file tertentu pada arsip FTP yang terhubung ke Internet. Karena Archie memungkinkan penggunanya untuk mencari item tertentu di Internet dan akhirnya diakuisisi oleh World Wide Web dan dijadikan antarmuka yang lebih user-friendly. Archie dianggap sebagai mesin pencari pertama di dunia.

    24 tahun kemudian, Google telah menjadi mesin pencari paling populer, dengan lebih dari 45.000 pencarian yang terjadi setiap detik.

    Gambar Banner Pertama

    AT&T merupakan situs yang mensponsori iklan online pada tahun 1994. 18 tahun kemudian, situs ini telah melayani 5.3 triliun lebih semua iklan online.

    20 tahun yang lalu, Joe McCambley, sebagai direktur kreatif dari perushaan bernama Modem Media, memiliki ide untuk memasang iklan secara online, caranya dengan membuat sebuah banner untuk mempromosikan perusahaannya. Maka konsep baru itu pun berjalan, dan resmi menjadi klien AT&T yang pertama.

    Menurut pendiri Modem Media, GM O'Connell, iklan banner pertama memiliki rasio tayang perklik sebesar 44%. Meskipun iklan itu tidak berhasil menarik banyak orang, namun dengan Internet masih dalam masa pertumbuhan, berhasil menerima banyak perhatian pers, dan membantu AT&T mengamankan posisinya sebagai inovator industri yang sukses hingga sekarang.

    Transaksi Online Pertama

    Pembelian barang secara online pertama adalah CD Sting pada tahun 1994. 20 tahun kemudian, penjualan online mencapai angka $1.5 triliun.

    20 tahun yang lalu, pada bulan Agustus 1994, transaksi e-commerce pertama terjadi. Item pertama yang dijual secara online adalah CD Sting dengan harga $12.48 atau sekita Rp 151.000. Pembelian tersebut tidak berarti berjalan dengan dan efisien, pada saat itu pembeli harus menggunakan program khusus untuk mengirimkan informasi penagihan melalui Internet dengan cara yang aman, tapi itu menyebabkan kemajuan e-commerce yang begitu pesat, dan hanya empat tahun kemudian, transaksi online telah meningkat hingga miliaran dolar.

    Pada 2013, lebih dari $1.2 triliun dihabiskan untuk transaksi online. Sedangkan untuk awal 2014 sudah berada di sekitar $1.5 triliun.

    Pembelian Barang Pertama di Amazon

    Amazon menjual buku pertamanya pada tahun 1995. 18 tahun kemudian, Amazon menjual 426 item per detik.

    Amazon.com didirikan oleh Jeff Bezos di garasi rumahnya di Washington pada tahun 1994, dan menjual barang pertama yakni buku pada tanggal 3 April 1995.

    Buku itu yang dijual berjudul "Konsep Fluida Dan Analogi Kreatif: Dasar Pemikiran Model Mekanisme Komputer". Buku ini masih dijual di Amazon.com dan memiliki rating 4,5 bintang.

    Pada 2013, Amazon mencapai rekor penjualan, lebih dari 36 juta item dalam satu hari. Dan sekarang sekitar 426 item terjual tiap detiknya

    Tweet Pertama

    Tweet pertama dibuat pada tahun 2006. Saat ini, 500 juta tweet dikirim setiap hari.

    Pendiri Twitter Jack Dorsey membuat tweet pertama pada tanggal 21 Maret 2006, ketika situs itu masih dikenal sebagai twttr. Menurut Twitter, sekarang lebih dari 500 juta tweet yang dikirim setiap hari, hanya delapan tahun setelah didirikan Twitter telah menjadi sebagai salah satu jaringan media sosial terbesar.

    Upload Video Youtube Pertama

    Video YouTube pertama diupload pada tahun 2005. Sekarang, selama 6 miliar jam video ditonton setiap bulannya.

    Pendiri YouTube Jawed Karim meng-upload video pertamanya ke situs pada pukul 20:27 hari Sabtu, 23 April 2005. Video klip ini berdurasi 19 detik, di dalamnya dia sedang berbicara tentang gajah di kebun binatang San Diego.

    Hari ini, 6 miliar jam video ditonton setiap bulan di YouTube.

    Posting Foto Instagram Pertama

    Postingan Instagram pertama dibuat pada tahun 2010. 4 tahun kemudian, 60 juta foto diposting setiap harinya.

    Pendiri Instagram Kevin Systrom memposting foto pertama pada Instagram pada tanggal 16 Juli 2010, beberapa bulan sebelum peluncuran app di iOS pada bulan Oktober.

    Instagram melaporkan bahwa 60 juta foto diposting per hari. 200 juta pengguna aktif pada aplikasi dan website dan total lebih dari 20 miliar foto telah di upload dan sharing, sejak awal peluncuran app iOS pada tahun 2010.

    Pendaftar Facebook Pertama

    Satu orang pertama bergabung dengan Facebook pada tahun 2004. Sekarang ada sekitar 1,3 miliar pengguna aktif.

    Beberapa akun pertama kali dibuat Facebook yang disediakan untuk pengujian, Mark Zuckerberg, dan rekan pendiri lainnya. Tapi pengguna pertama (selain Founder) adalah bernama Arie Hasit, teman sekamar Zuckerburg di Harvard, yang bergabung dengan situs pada awal 2004. Hasit, memiliki akun ID 7, saat ini tinggal di Israel dan bekerja di sana.

    Menurut Facebook, saat ini terdapat 1,3 miliar pengguna aktif dan terus meningkat setiap bulannya, sebagian besar di antaranya berada di perangkat mobile.






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155