Mengenal Fungsi Require Dan Include Dalam PHP

02/05/2014    Reza Indra    18927     Website

Hallo apakabar semua? Semoga selalu semangat ya. Bertemu lagi di blog Dumet School, kali ini saya akan memberikan tips & trik untuk teman-teman yang sedang mendalami pemrograman PHP. Nah, yang akan saya bahas kali ini adalah fungsi PHP include() dan require(). Banyak yang bertanya-tanya, apa sich bedanya include() dan require()? lalu apa bedanya yang menggunakan _once dan yang tidak?. Oke dari pada teman-teman pada bingung, simak penjelasan berikut ini.

Fungsi PHP include() dan require() merupakan fungsi yang digunakan untuk menyertakan file php lain ke dalam suatu program PHP. Hal sangat membantu proses pemrograman karena tidak perlu menulis program PHP secara berulang-ulang, cukup dalam satu file saja.

Ada empat fungsi PHP untuk menyertakan file lain ke dalam suatu program yaitu require(), require_once(), include() dan include_once().

Perbedaan include() dan require().

Pada dasarnya fungsi include() dan require() memiliki kegunaan yang sama, hanya saja pada fungsi include(), jika file yang disertakan ternyata tidak ditemukan (karena lokasi yang salah atau memang file tidak ada) maka program atau perintah PHP selanjutnya (setelah include) akan tetap dijalankan walaupun ditampilkan error.

Sedangkan require() jika file yang disertakan tidak ditemukan (karena lokasi yang salah atau memang file tidak ada) maka program atau perintah PHP selanjutnya (setelah include) tidak akan dijalankan.

Contoh disini saya membuat fungsi buatan dalam file function_looping.php.



Kemudian saya sertakan file function_looping.php kedalam file index.php untuk menampilkan fungsi looping().



Karena nama file yang saya ketik salah maka akan terjadi error, namun perintah echo untuk menampilkan kalimat "Hasil looping:" tetap dijalankan.

Sekarang saya sertakan file function_looping.php kedalam file index.php dengan perintah required().

Karena nama file yang saya ketik salah maka akan terjadi error, dan perintah echo untuk menampilkan kalimat "Hasil looping:" tidak dijalankan.

Perbedaan menggunakan _once dan tanpa _once.

Menggunakan _once baik pada include ataupun require akan memastikan bahwa file yang disertakan hanya satu kali walaupun ditulis secara berulang-ulang. Jika tidak menggunakan _once maka akan tejadi error jika kita menyertakan file yang sama lebih dari satu kali.

Menyertakan satu file lebih dari satu kali menggunakan fungsi require.

Haslinya error (tidak boleh menyatakan lebih dari satu kali).

Menyertakan satu file lebih dari satu kali menggunakan fungsi require_once.

Hasilnya tidak terjadi error.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More