Menampilkan Pesan Error Pada JavaScript

22/07/2014    Reza Indra    1190     Website

Hay, pada artikel kali ini saya akan memberikan tips dan trik bagaimana menampilkan pesan error pada JavaScript. Seperti yang kita ketahui, bahasa pemrograman JavaScript merupakan bahasa pemrograman yang bersifat client side, yang artinya akan langsung berjalan pada web browser. Nah, kelemahan client side adalah tidak akan menampilkan pesan error pada browser jika terjadi kesalahan penulisan bahasa program, sehingga akan lebih sulit mencari baris kesalahan.

Untuk itu kita membutuhkah sebuah tools/plugin pada browser yang akan membantu untuk menampilkan pesan error pada baris tertentu. Oke sekarang saya akan coba mempraktekannya.

Misalnya saya melakukan kesalahan dalam menulis program JavaScript.

Jika teman-teman menggunakan browser Chrome, silahkan tekan f12/ctrl+shift+I pada keyboard. Maka akan muncul Developer Tools pada web browser. Silahkan klik menu Console untuk menampilkan pesan error.

Untuk browser Firefox, teman-teman harus instal terlebih dahulu Developer Tools yang bernama firebug. Silahkan buka http://getfirebug.com/ dan instal terlebih dahulu. 

Jika sudah pada bagian sebelah kanan atas browser ada icon bug/serangga silahkan klik.

Maka akan muncul Developer Tools pada web browser. Sama dengan Chrome, silahkan klik menu Console untuk menampilkan pesan error.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More