Membuat QR Code dengan PHP

04/08/2014    Aulia Rahmah Alhafidz    7377     Website

Seperti yang kita tahu, QR Code sekarang telah digunakan pada banyak benda. Seperti kartu nama, koran, tabloid, kaleng minuman, dan lain-lain. Namun, apakah kalian bisa membuatnya? Tentu saja! Siapa pun bisa membuatnya. Memang benar, sudah banyak QR Code Generator yang beredar di internet. Tapi akan terasa sangat berbeda jika kita sendiri yang membuatnya. Benar bukan? Sebelum memulainya kita harus paham dulu dengan QR Code.

Pengertian QR Code

QR Code merupakan singkatan dari Quick Response Code. QR Code sendiri diciptakan di Jepang. QR Code memiliki kemampuan untuk menyimpan data yang lebih besar dari pada kode batang sehingga mampu mengkodekan informasi dalam bahasa Jepang sebab dapat menampung huruf kanji.

qr-code-php

kode batang

Kode QR berfungsi bagaikan hipertaut fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Atau dengan kata lain sebagai penghubung secara cepat konten daring dan konten luring. Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien. Pengguna juga dapat menghasilkan dan mencetak sendiri kode QR untuk orang lain dengan mengunjungi salah satu dari beberapa ensiklopedia kode QR . [source:wikipedia]

Membuat QR Code

Karena sudah mengerti maksud QR Code, sekarang kita bisa langsung membuatnya. Hore!

Langkah 1 : Download terlebih dahulu folder phpqrcode-nya disini. Untuk lebih memahami isi dari folder tersebut bisa membaca disini.

Langkah 2 : Jika sudah diekstrak dan dimasukkan ke dalam folder di htdocsnya, kita langsung membuat file php yang bernama index.php.

qr-code-php

Langkah 3 : Save dan lihat. QR Code dengan tulisan "Dumet School" telah terbuat.

qr-code-php

Sangat mudah bukan?

Fitur dari PHP QR Code Library

Untuk memahaminya, kita ikuti langkah berikut ini :

Langkah 1 : Buat file php bernama qrcode.php.

qr-code-php

Keterangan :

1. Parameter pertama untuk menentukan teks atau data yang akan dikodekan ke dalam gambar dan dilewatkan sebagai string biasa.

2. Parameter kedua adalah nama file output untuk PNG gambar yang dihasilkan.

3. Parameter ketiga adalah tingkat koreksi kesalahan untuk barcode yang dihasilkan, yang dilewatkan sebagai huruf string tunggal. Ini menentukan berapa banyak kata kode data (8-bits per codeword) yang dapat dikembalikan untuk gambar QR Code yang terdistorsi atau rusak menggunakan algoritma koreksi kesalahan Reed-Solomon. Berikut tablenya.

qr-code-php

4. Parameter keempat menentukan ukuran dari masing-masing kotak kode barcode diukur dalam pixel. Setiap persegi kode (juga bernama "pixel" atau "modul") adalah 4 × 4px.

5. Parameter kelima menentukan batas margin putih di sekitar barcode, diukur dalam kotak kode (misalnya. Margin 16px di setiap sisi untuk 4 × 4px kode persegi).

Langkah 2 : Save dan lihatlah QR Codenya. Sangat mudah ya? Tentu saja. Semua pasti bisa membuatnya.

qr-code-php

Selesai! Semoga bermanfaat ya :)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More