Membuat Frame dengan Adobe Illustrator

27/06/2014    Bartholo Bush Sawa    2593     Desain

Membuat frame dengan Adobe Illustrator

Halo teman-teman... kali ini saya akan share tentang bagaimana membuat frame di adobe illustrator... langsung saja yah disimak tutorialnya.. ^^

Langkah pertama adalah yang pasti kalian harus membuka Adobe Illustrator yang sudah terinstal di komputer/laptop teman-teman masing-masing.

 

Buatlah sebuah lembar kerja baru dengan dengan klik Menu File => New => buatlah lembar kerja ukuran A4, kemudian klik OK.

 

Buatlah  1 buah persegi panjang dengan Width = 21 cm dan Height = 29.7 cm atau disamakan dengan ukuran dari lebar kerja kita yaitu A4, dan tempatkan persis di tengah-tengah artboard.

 

Sekarang kita akan menambahkan sebuah persegi panjang dengan jarak 1 cm ke dalam dari persegi panjang yang pertama kita buat tadi. Klik Menu Object => Path => Offset Path... => maka akan keluar sebuah option untuk Offset Path => isi Offset dengan angka -1 cm, karena untuk menambah ke dalam berarti minus. Jika menambah keluar minusnya tidak perlu.

 

Setelah itu, buatlah sebuah garis horizontal kemudian copy kebawah, dan tekanlah CTRL + D (Transform Again; Menu Object => Trasform => Transform Again) untuk mengulangi meng-copy garis tadi secara otomatis.

 

Group garis yang telah kalian bikin tadi, kemudian putar sebanyak 45 Derajat, dan tempatkan saling memotong pada frame yang kita buat tadi.

 

Seleksi semua objek maupun garis yang ada dengan Selection Tool, juga bisa menekan CTRL + A (Select All)

 

Buka Menu Window => Pathfinder => pilih Divide

 

Kemudian Pilih Menu Object => Ungroup

 

10.   Seleksi objek yang bagian dalam dan tekan delete pada keyboard. Untuk lebih jelasnya lihat gambar.

 

Setelah itu, berilah warna perbagian seperti pada contoh.

Kalian telah selesai membuat sebuah Frame dengan Adobe Illustator. Bagaimana?? Tidak susahkan?? Semoga tutorial kali ini bermanfaat… Sampai Jumpa di tutorial berikutnya... ^^

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More