Membuat Effect Drop Caps Menggunakan Elemen Frist-Latter Pada CSS

12/06/2014    Faizal Rafik    722     Website

Di tutorial kali ini saya ingin mengajarkan bagaimana caranya membuat effect Drop Caps menggunakan Elemen yang terdapat di CSS yaitu :frist-letter. Maksud dari Drop Caps adalah menghiasi atau membesarkan huruf pertama pada setiap paragraf, jadi effect gaya seperti ini sering kita lihat seperti disurat-surat majalah. Baiklah langsung saja kita praktekan ya teman-teman.

Pertama kalian bisa buat tampilan HTML seperti gambar dibawah ini.

Kemudian kalian bisa buat CSS untuk Effect Drop Caps nya seperti gambar dibawah ini dimana saya  menggunakan elemen CSS yaitu :frist-latter pada tag p.

Bisa kalian lihat di CSS tersebut terdapat property CSS float: left; dan display: block, fungsinya adalah untuk menampilkan huruf pertama sebagai elemen block dan kita bebas mengatur lebar, tinggi, margin, dan padding pada huruf pertama tersebut, dan kita juga tambahkan property CSS float: left agar posisi huruf pertama berada sejajar dengan paragraf yang ada disampingnya.

Kemudian setelah kalian selesai membuat HTML dan CSS nya maka hasilnya seperti gambar di bawah ini. Mudah Bukan teman-teman.


 

Sekian dulu tutorial dari saya semoga tutorial ini bermanfaat untuk kalian semua. Terima Kasih.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More