Membuat Dropdown List Menggunakan PHP Dan MYSQL

16/07/2014    Faizal Rafik    24262     Website

Pada tutorial kali ini saya akan mengajarkan bagaimana caranya membuat Dropdown List Dynamic menggunakan PHP dan MYSQL, dimana isi data didalam dropdown list tersebut akan diambil dari database, jadi data tersebut akan berubah-ubah sesuai data yang ada didatabasenya. Jika data di database ditambah maka jumlah list di dropdown akan bertambah, begitupun sebaliknya jika data didatabase berkurang maka data di dropdown list akan berkurang. Baiklah dari pada berlama-lama lagi kita langsung mulai saja ya.

Pertama yang harus kalian lakukan adalah membuat sebuah database, disini saya membuat database dengan nama dumetschool, dan nama table makanan.

Membuat Table dengan nama table makanan yang memiliki 2 field yaitu id dan nama_makanan

Selanjutnya kita akan menambahkan data kedalam table database yang sudah kita buat tadi, perintah SQL yang digunakan adalah INSERT INTO nama_table VALUES (' ', 'field2 ');, seperti gambar dibawah ini :

kemudian kalian tekan tombol GO, Jika kalian berhasil, maka akan keluar pemberitahuan seperti gambar dibawah ini :

Kemudian gambar dibawah ini adalah isi dari table yang sudah kita tambahkan tadi, kalian bisa mengklik tab browse pada halaman phpmyadmin nya :

Selanjutnya kita akan membuat halaman dropdown list menggunakan tag <select>, sekaligus script PHP nya untuk menampilkan isi data yang ada didalam database ke dalam dropdown list. Script nya seperti gambar dibawah ini :

Penjelasan :

- Pada baris 7 - 8 kita melakukan koneksi ke database.

- Pada baris 9 kita melakukan QUERY dengan menampilkan semua data yang ada pada table makanan, perintah SQL yang digunakan SELECT * FROM nama_table ORDER BY nama_field2 ASC;.

- Baris 16 melakukan perulangan while dan mengambil data dari QUERY pada baris ke 9.

- Baris ke 17 cetak hasil output.

Dan hasilnya jika kita jalankan dibrowser seperti gambar dibawah ini :

Nah itulah cara membuat Dropdown List Dynamic menggunakan PHP dan MYSQL, yang datanya diisi berdasarkan data yang ada didalam database. Mudah bukan teman-teman. Sekian dulu tutorial dari saya sampai ketemu ditutorial berikutnya. Terima Kasih.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More