Memasang captcha pada login area wordpress

24/02/2015    Fachrul Ahaddin    548     Website

Tentunya teman-teman tahu bahwa salah satu penambah sistem keamanan adalah dengan membuat captcha. Dengan adanya captcha kita dapat memastikan bahwa username dan password benar-benar diisi oleh manusia, bukan oleh mesin. Pada wordpress, ada plugin yang menyediakan kita untuk menampilkan captcha di area login tersebut. Salah satu plugin tersebut namanya adalah Better Wordpress reCAPTCHA. Teman-teman bisa download disini https://wordpress.org/plugins/bwp-recaptcha/ . Setelah download, kita install pluginnya dengan cara login ke wp-admin dulu tentunya, masukkan username dan password lalu klik log in. Setelah itu pilih menu plugin -> Add New. Lalu kemudian klik upload plugin dan browse lalu pilih plugin yang kita download tadi. Setelah itu klik install now dan ketika selesai klik activate untuk mengaktifkan. Setelah aktif ikuti langkah-langkah berikut

  1. Klik menu BWP reCAPT dan akan muncul tampilan seperti ini
     
  2. Gambar diatas berarti plugin meminta API public dan private dari google. masuk ke link ini http://www.google.com/recaptcha/intro/index.html lalu klik Get reCAPTCHA. Anda diminta login dengan akun google anda atau register.

  3. Selanjutnya isi nama domainnya untuk penggunaan reCAPTCHA.
  4. Setelah itu anda akan dibawa ke halaman seperti dibawah

    Bagian site key copykan ke Public Key di halaman General Option pada menu BWP reCAPT dan Secret Key pada bagian Private Key. Lalu ceklist pada bagian Login Form pada bagian “Enable This Plugin For”. Dan kemudian save Change dan logout. Teman-teman lihat hasilnya.

Oke, demikian sedikit tutorial dari saya, semoga bermanfaat ya, terima kasih

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More