Memanipulasi String Didalam PHP

06/07/2014    Faizal Rafik    516     Website

Hallo teman-teman. Pada tutorial kali ini kita akan membahasa tentang PHP. Apa itu PHP? PHP Singkatan dari PHP Hypertext Preprocessor, PHP adalah Bahasa pemrograman yang digunakan secara luas untuk penanganan pembuatan dan pengembangan sebuah situs web dan bisa digunakan bersama dengan HTML. Nah di tutorial kali ini saya ingin membahasa tentang beberapa fungsi umum untuk memanipulasi sebuah string didalam PHP. Fungsi umum yang pertama adalah :

strlen()

Berfungsi untuk mengembalikan panjang string dalam karakter. Contoh penggunaannya seperti gambar dibawah ini dimana kita akan mencoba mengembalikan panjang string kalimat “DUMET School” :

Maka bila kita jalankan akan menghasilkan output 12. dimana fungsi strlen() ini sering digunakan dalam proses Looping untuk mengetahui kapan sebuah string akan berakhir.

strops()

Berfungsi untuk mencari karakter tertentu atau teks didalam string. Jika ada kesamaan dalam teks maka akan dicetak, tetapi jika tidak ada yang sama maka teks tersebut tidak akan dicetak atau false. Contoh penggunaannya seperti gambar dibawah ini :

Maka bila dijalankan akan menghasilkan output 6.

Nah itulah beberapa fungsi umum untuk memanipulasi sebuah string didalam PHP. Sekian dulu tutorial dari saya, semoga tutorial ini bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencoba teman-teman. Terima Kasih.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More