Matt Mullenweg

04/05/2014    Reza Indra    810     Artikel Bebas

Siapa yang tidak kenal WordPress? Mungkin bagi orang yang suka ngeblog, tidak asing ya dengan WordPress. Yap, WordPress merupakan software aplikasi gratis yang digunakan dalam membangun sebuah blog (blog engine). WordPress berdiri pertama kali pada tahun 2003, hasil kerja keras seorang anak muda bernama Matt Mullenweg dengan Mike Little.

Matt Mullenweg, lahir di Amerika Serikat pada tanggal 11 Januari 1984, merupakan pendiri dan pengembang aplikasi WordPress. Sejarah Wordpress pertama kali pada saat Matt Mullenweg berusia 18 tahun. Saat itu dia sangat suka menulis blog menggunakan aplikasi bernama BBPress (cikal bakal WordPress), dia selalu memposting kegiatan sehari-hari dan mempublikasikan foto-fotonya. Namun beberapa bulan kemudian aplikasi BBPress menyatakan secara resmi untuk berhenti mengembangkan software blog engine-nya. Nah, hal inilah yang membuat Matt berinisiatif untuk melanjutkan mengembangkan BBPress bersama temannya.

Pada saat itu Matt secara terang-terangan menulis di akun websitenya, "Saya akan melanjutkan pengembangan aplikasi BBPress sehingga sesuai dengan standar web saat itu". Kemudian mulailah Matt dan temannya Mike Little mengembangkan coding WordPress yang berbasis BBPress. Saat mereka sedang melakukan proses pengembangan, ternyata Michel Valdrighi seorang mantan pendiri BBPress mengetahui hal tersebut dan memutuskan untuk bergabung bersama Matt dan Mike. Mereka pun memutuskan mengganti nama BBPress menjadi yang kita kenal saat ini yaitu WordPress.

Di usia Matt yang ke 19 tahun (Maret 2003), sukses merilis WordPress versi 0.70, walaupun masih mengandung fitur yang sama dengan BBPress. Sampai kini WordPress telah mengupdate versi 3.9, dan telah didownload lebih dari 45 juta kali, menjadikan WordPress sebagai blog engine no. 1 di dunia berdasarkan jumlah pengguna.

Walaupun Matt Mullenweg merupakan mahasiswa Drop Out dari kampusnya, namun berkat WordPress dia berhasil menjadi pengusaha muda yang kaya dan suskes. Pada tahun 2007, Ia dinobatkan sebagai 16 dari "50 Orang Terpenting di Dunia Internet" oleh PC World.
 

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More