Lenovo Berhasil Akusisi IBM

01/10/2014    Alfiana Irsyada Salma    842     Artikel Bebas

IBM [International Business Machines] adalah sebuah perusahaan dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Kini, IBM akan segera resmi milik Lenovo. Lenovo yang telah berhasil mengakuisisi bisnis komputer server low end IBM x86 pada Januari 2014, tampaknya proses akuisisi tersebut akan segera diselesaikan pada pekan ini. Proses akuisisi senilai 2,3 juta dollar AS itu diharapkan akan segera dipercepat untuk dapat diselesaikan.

Ternyata nilai akuisisi yang awalnya ditawarkan IBM seharga 2,3 juta dollar AS faktanya menjadi 2,1 juta dollar AS, perubahan tersebut terjadi karena berubahnya valuasi inventaris yang dimiliki IBM serta taksiran keuntungan yang didapat. Transaksi akuisisi IBM dibayar senilai 1,8 juta dollar AS secara tunai oleh Lenovo dan sisanya berupa saham.

Chief Executive Lenovo, Yang Yuangqing, mengatakan “Lenovo mengakuisisi IBM, akan dapat membuka mesin pertumbuhan baru bagi perusahaan”. Di segmen perusahaan menengah bahkan yang besar, server IBM bisa kami pakai untuk bersaing dengan HP dan Dell, kita akan bisa mengkombinasikannya dengan operasi Lenovo yang efisien, tegasnya.

Dalam tahun pertamanya ini, Yang menargetkan, server x86 IBM bisa memberikan pemasukan sebesar 5 juta dollar AS, sehingga akan bisa mendongkrak margin bisnis PC Lenovo sebesar 4%.

Faktanya, pada proses negosiasi antara IBM dan Lenovo sempat berjalan alot. Sebelumnya Lenovo ingin mengakuisisi IBM di tahun 2013, hal tersebut sempat gagal karena saat itu IBM mengajukan penawaran harga yang dianggap terlalu tinggi oleh Lenovo, yaitu senilai 6 miliar dollar AS. Sehingga akhirnya setelah melakukan proses negosiasi yang cukup lama, sepakatlah IBM diakuisisi seharga 2,1 juta dollar AS.

Terjadinya kesepakatan antara IBM dan Lenovo bukan untuk yang pertama kalinya, sebelumnya Lenovo telah berhasil mengakuisisi bisnis “PC ThinkPad” milik IBM pada tahun 2005 silam senilai 1,75 miliar dollar AS. Ditangan Lenovo ThinkPad menjadi pemimpin pasar PC di tahun 2012.

Kini, Lenovo akan berencana membidik unit smartphone Motorola yang dimiliki raksasa perusahaan Google, dengan mahar 2,9 juta dollar AS.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More