Keterampilan Dasar yang Harus Dimiliki Oleh Web Desainer

11/06/2014    Rully Febrian    1346     Website

Hari ini saya akan memberikan informasi berkaitan dengan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang web desainer. Saat ini website merupakan media yang penting dalam mempublikasikan suatu perusahaan, organisasi atau kelompok maupun pribadi. Website juga bisa membantu untuk membangun citra perusahaan dan dapat pula sebagai media promosi. Membuat website yang baik tidaklah mudah, dikarenakan ada hal-hal yang perlu diperhatikan baik dari segi tema, desain dan isi konten.

Adapun keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang web desainer adalah :

1. Perencanaan

Untuk membuat website kita perlu merencanakan layout-nya. Dimulai dari mengumpulkan lalu membuat tata letak halaman seperti header, navigasi, konten, dan footer. Membuat halaman kedua dan seterusnya. Untuk latihan pembuatan layout dapat menggunakan software Microsoft Visio dan ConceptDraw Webwave.

2. Desain Halaman Web

Mempelajari dan menguasai typografy, warna dan tata letak halaman merupakan hal yang mutlak bagi seorang web desainer. Dengan desain typografy kita dapat menggambarkan dan menyampaikan suatu pesan kepada pengunjung dengan konsep desain yang nyaman dan tidak membosankan. Anda bisa menggunakan software Adobe Photoshop untuk mempelajari bagaimana membuat web dengan desain dengan baik.

3. Software Web

Untuk membuat halaman HTML kita memerlukan software Dreamweaver, selain dreamweaver kita juga dapat menggunakan Frontpage. Untuk mempelajari software ini anda dapat mencari tutorial di internet atau dapat membelu beberapa buku untuk menguasai software ini.

4. Interaktif

Dengan website interaktif kita dapat mengetahui dan memantau kegiatan pengguna di dalam sistem yang kita bangun. Semakin banyak pengunjung yang berinteraksi dengan website kita semakin besar kemungkinan mereka kembali. Untuk membuat website menjadi interaktif anda dapat mempelajari PHP dan MySQL.

5. Video dan Animasi

Video merupakan alat terbaik dalam memberikan informasi suatu perusahaan atau bisnis, sedangkan animasi dapat membuat website menjadi lebih menarik. Untuk membuat video anda harus mempelajari software Primier pro dan After Effect dan untuk membuat animasi anda harus mempelajari Adobe Flash.

Demikianlah artikel ini saya berikan mudah-mudahan bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mendalami bidang web desain. Terimakasih.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More