Ingin Pakai Windows 10? Ini 7 Hal Yang Harus Anda Tahu

03/10/2014    Reza Indra Gunawan    730     Teknologi

Kemunculan Windows 10 sebagai sistem operasi teranyar dari Microsoft memang menimbulkan beberapa pertanyaan publik, mulai dari pemberian nama hingga fitur baru apa yang terdapat di dalamnya. Namun, pihak Microsoft sendiri meyakinkan bahwa produk barunya ini tidak akan lagi mengecewakan banyak pengguna, seperti yang terjadi di Windows 8.

Meraka mengatakan bahwa OS ini adalah platform yang paling komprehensif saat ini. Terlebih Windows 10 ini bisa di berbagai jenis perangkat, mulai dari smartphone berlayar 4 inci sampai perangkat raksasa 80 inci.

Sebelum anda menggunakan Windows 10, berikut adalah 7 hal yang harus anda ketahui.

Nama Windows 10

Nama Windows 10 menjadi banyak pertanyaan publik. Terlebih sebelumnya sudah beredar kabar nama Windows 9. Mengapa dinamakan Windows 10? Dari pihak Microsoft ternyata telah menjawab pertanyaan tersebut, menurut mereka memang perusahaannya tidak bermaksud untuk membuat sebuh produk yang bertahap.

Sebelum memakai nama Windows 10, Microsoft telah memiliki beberapa nama yang dipertimbangkan misalnya adalah Windows One. Namun, akhirnya Windows 10 lah yang menjadi pilihan.

Perangkat yang digunakan

Microsoft menyakatan Windows 10 dapat dioperasikan di berbagai jenis perangakat dari mobile, tablet sampai PC. Terry Myerson mengatakan bahwa sistem operasi ini bisa bekerja di perangkat berlayar 4 sampai 80 inci.

Start menu

Kehadiran Windows 10 akan memberikan kesan familier di mata para pengguna Windows 7. Sebab Microsoft kembali menghadirkan tombol Start Menu. Namun dengan interface yang mirip dengan Windows 8.

Command prompt

Meskipun merupakan sistem operasi modern, Windows 10 tidak meninggalkan fitur-fitur lamanya. Seperti Command prompt, untuk mengaksesnya anda bisa menekan sortcut Ctrl + C.

Touch enable

Joe Belfiore mengatakan bahwa perusahaannya belum berhenti mengembangkan produk berbasis touchscreen. Dan hal ini dibuktikan dengan Windows 10. Terdapat fitur yang disebut Continuum untuk pengguna Windows yang memakai PC konvertibel. Fitur tersebut dapat menyesuaikan UI dengan keinginan penggunanya.

Kapan diluncurkan

Microsoft menyatakan bahwa Windows 10 akan diluncurkan pada pertengahan tahun depan, setelah perhelatan konferensi Microsoft Build.

Apakah gratis

Belum ada pernyataan resmi mengenai hal ini. Namun, beredar kabar bahwa Windows 10 akan digratiskan untuk pengguna Windows 8. Kita tunggu saja.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More