Blog Request tutorial? klik disini!

  • Hal-hal Yang Perlu Di Pertimbangkan Sebelum Membeli Web Hosting

    Ditulis oleh: Faizal Rafik
    927 kali dibaca
    03 Apr / 2014 10:30

    Selamat datang teman-teman di blog DUMET School, dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang hal-hal apa saja yang harus di pertimbangkan sebelum kita membeli atau menyewa Web Hosting. Sebagai orang awam yang baru belajar bikin Website terkadang kita masih suka mengabaikan hal-hal seperti ini dan hasilnya kita jadi terlalu boros mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli atau menyewa Web Hosting tanpa memperhatikan seberapa besar kebutuhan kita. Baiklah teman-teman langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini :

    1. Menentukan Kebutuhan Anda

    Langkah pertama adalah menentukan kebutuhan anda dalam mencari Web Hosting. Ruang space berapa, bandwidth berapa dan lain-lainnya. Tidak perlu menyewa Web Hosting dengan kapasitas besar misalnya 4 GB jika keperluannya hanya untuk membuat Website pribadi yang kenyataanya hanya perlu sekitar 100MB. Oleh karena itu tetapkan kebutuhan dengan dasar kita untuk mencari Web Hosting yang aman dengan sistem yang stabil. Lihatlah fitur masing-masing paket yang di tawarkan oleh provider hosting.

    2. Layanan Hosting

    Hal ini perlu di perhatikan dan ada beberapa Hosting yang tidak mencantumkan layanannya dalam penawaran paketnya. Layanan Hosting berhubungan dengan support apa saja yang di dapat jika kita mengambil paket hosting tersebut. Misalnya panel administrasi untuk mengelola hosting cpanel, support email, telpon, kontak online via yahoo messenger dan lain-lainnya. Pastikan anda mendapatkan semuanya agar jika Hosting kita bermasalah, kita dapat memperbaikinya sendiri atau minta bantuan pihak penyedia.

    3. Memilih Besar ruang Penyimpanan

    Kapasitas daya tampung data yang di tawarkan perusahaan Web Hosting sangat bermacam-macam mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar bahkan ada yang unlimited atau tak terbatas, nah ini berhubungan dengan berapa besar data untuk web dan email yang akan kita gunakan. Jika hanya untuk Website pribadi yang isinya hanya halaman-halaman informasi dari perusahaan tersebut, kita tidak perlu menyewa hosting dengan kapasitas diatas 1GB, karena dapat  menghemat biaya. Tapi jika anda ingin membuat sebuah web dengan menyediakan file-file yang bisa di download, yang mungkin saja jumlahnya sangat besar, maka anda harus menyewa dengan kapasitas besar.

    4. Memilih Bandwidth

    Bandwidth adalah besar jumlah data yang dapat di upload dan di download di website kita. Beberapa penyedia Hosting membatasi besar Bandwidth yang boleh digunakan per bulannya, sehingga jika penggunaan melebihi batas maka sebuah Website atau Blog anda akan di blokir atau di matikan sampai periode tertentu. Maka dari itu jika kita kurang hati-hati dalam memilihnya akan merugikan kita sendiri karena Website atau Blog kita tidak bisa di akses. Jadi carilah hosting yang bandwidth perbulanya besar misal diatas 1GB atau bahkan yang tidak terbatas.

    5. Jumlah dan Dukungan Database

    Ada beberapa Web Hosting membatasi jumlah database yang boleh di buat. Hal ini sedikit berhubungan dengan masalah teknis yaitu apa saja yang nanti akan di pasang atau di instal di hosting kita. Misalnya kita ingin Website atau Blog kita memiliki Sub Domain lebih dari 1 yang umumnya bisa menggunakan beberapa database.

    6. Jumlah Akun dan Fitur Email

    Dalam hal ini juga sangat penting jika kita ingin membuat Hosting untuk Coorporate atau perusahaan, biasanya yang digunakan pasti bukan hanya untuk informasi perusahaan tapi juga untuk komunikasi antar pegawainya, misalnya komunikasi menggunakan email berarti jika jumlah pegawai banyak maka kita memerlukan akun yang banyak kan. Jumlah akun nantinya juga berhubungan dengan berapa besar kapasitas yang tersedia.

    7. Fasilitas Backup Data

    Pastikan fitur backup data juga tersedia di Web Hosting yang kita beli atau sewa, misalnya daily backup (backup harian), jadi seluruh isi hosting kita bisa di restore atau di kembalikan jika terjadi kerusakan.

    Nah semoga tips yang saya berikan di atas bermanfaat untuk teman-teman. Teman-teman juga bisa pelajari teknis dan informasi lainnya yang teman-teman perlukan seperti kemampuan dan kinerja hosting, di testimoni atau dari pengalaman para pengguna Web Hosting lainnya dengan membaca forum-forum di internet.

    Sekian dulu artikel dari saya semoga bermanfaat untuk teman-teman. smiley






Baca juga

Rukan Artha Gading Niaga Blok i - 23, Jalan Boulevard Artha Gading

Kelapa Gading, Jakarta Utara 14240

(Belakang Mall Artha Gading)

Telp: (021) 4585-0387


Ruko Permata Regensi Blok B - 18, Jalan Haji Kelik

Srengseng, Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11630

(Depan Hutan Kota Srengseng)

Telp: (021) 5890-8355


Ruko Jalan Taman Daan Mogot Raya No. 23

Kel. Tanjung Duren Utara Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470

(Belakang Mall Citraland dan Kampus UNTAR II)

Telp: (021) 2941-1188


Ruko Jalan Kartini Raya No. 53

Pancoran Mas, Depok 16436

(± 5 Menit dari Kantor Walikota Depok)

Telp: (021) 7720-7657


Rukan Crown Palace Blok A no 12, Jl Prof Dr Soepomo no 231 (Samping Universitas Sahid).

Kec. Tebet, Kel. Menteng Dalam.

(± 1 Menit dari Tugu Pancoran)

Jakarta Selatan 12870

Telp: (021) 2298-3886

Buka setiap hari Senin - Minggu jam 09.00 s/d 21.00

SMS: 0851-0055-5666 / 0819-7555-666 / 0812-9933-3913 / 0812-9393-3210 / 0812-1999-9155