Hal-hal Yang Perlu Dilakukan Jika Akun Facebook Dibajak

14/09/2015    Reza Indra    515     Teknologi

Jaman dahulu mungkin kejahatan hanya terjadi di dunia nyata saja. Tapi sekarang, malah lebih banyak "penjahat" yang berkeliaran di dunia maya (internet). Walaupun tidak membahayakan fisik, tapi mereka bisa mengambil harta dan data pribadi/rahasia kita. Salah satu yang sering terjadi adalah pembajakan akun sosial media seperti Facebook. Ada banyak alasan mereka melakukan pembajakan, ada yang cuma iseng, balas dendam, atau berniat untuk kriminal.
 
Nah, berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan ketika akun Facebook kamu dihacked orang.
 
1. Ganti Password
 
Pada suatu hari ketika saya membuka Facebook, saya sangat kaget karena foto profile saya diganti dengan foto cewek seksi, tidak hanya itu dia juga mengirimkan pesan-pesan aneh kepada teman-teman saya. Tapi untungnya passwordnya belum diganti oleh si hacker itu, jadi yang saya lakukan adalah langsung mengganti password Facebooknya.
 
2. Memberikan Informasi Kepada Teman-teman
 
Kalau si hakcer itu melakukan hal-hal seperti mengirimkan pesan, mengganti foto profile, menulis status aneh, segeralah beri tahu kepada teman-teman kamu melalui sms, bbm atau langsung tulis di status bahwa akun kamu sedang dibajak. Biar tidak dikira kita yang melakukan itu semua.
 
3. Bikin Akun Facebook Baru
 
Ini dilakukan jika si hacker itu mengganti password Facebook kita sehingga kita tidak dapat lagi masuk.
 
4. Selamatkan E-mail Kamu
 
Selain menyelamatkan akun Facebook, E-mail kita juga perlu diselamatkan. Segera ganti password email yang kamu gunakan untuk membuat akun Facebook.
 
5. Lapor Polisi
 
Langkah ini dilakukan kalau si hacker sudah kelewat batas, misalnya dia mengambil data pribadi kamu lalu disebarkan ke semua orang yang membuat kamu dirugikan.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More