Google Mengaku Telah Tertipu

25/09/2014    Alfiana Irsyada Salma    595     Artikel Bebas

Google mengaku telah tertipu, selama ini Google mendukung kelompok “American Legislative Exchange Council [ALEC]”, kelompok yang diduga mendanai penolak perubahan iklim. Google telah keluar dari ALEC, setelah adanya desakan dari publik agar perusahaan ini mengakhiri afiliasi atau hubungan dengan kelompok tersebut. Ketua Eksekutif Google, Eric Schmidth dalam forum The Diane Rehm Show menegaskan bahwa Google telah kecewa bisa tertipu, dengan mendukung sebuah kelompok yang mengklaim perubahan iklim dapat menguntungkan bagi manusia.

Eric mengatakan “Kami mendanai mereka sebagai bagian dari kampanye politik sesuatu yang tak terkait. Saya pikir, konsensus atau kesepakatan dalam perusahaan adalah semacam kesalahan dan kita mencoba untuk tidak melakukannya kembali pada masa yang akan datang”. Namun, pada kesempatan itu di acara forum Eric tidak memberitahu mengapa Google bisa mendukung ALEC. Hasil laporan menyebutkan bahwa kelompok itu bergerak melawan apa yang disebut dengan tuntutan hukum strategis terhadap partisipasi publik. Pihak Google juga belum jelas, apakah mereka memiliki motivasi yang sama dengan mendukung ALEC.

Google mengaku bahwa mereka tak sepakat dengan kelompok yang menentang adanya perubahan iklim, sebab fenomena perubahan itu tengah terjadi. Google sadar bahwa semua orang memahami bahwa perubahan iklim terjadi, dan orang-orang yang menentang hal itu benar-benar menyakiti semua orang dan membuat dunia menjadi tempat yang jauh lebih buruk. Jadi kita tidak harus sejajar dengan orang-orang seperti itu, karena mereka hanya berkata bohong.

Tidak hanya Google yang tergabung dalam gugusan tugas ALEC melainkan Facebook, Microsoft dan Yahoo ikut tergabung bersama. Namun, Microsoft telah lebih dulu memutuskan dukungan dengan gugus tugas itu. Di dalam konteks perubahan iklim, ALEC ternyata menawarkan pengajuan rancangan hukum pembentukan Komisi Penelitian Perubahan Iklim Antarnegara Bagian.

Di dalam rancangan tersebut disebutkan, bahwa aktivitas manusia dapat merusak, menetralkan atau mungkin menguntungkan perubahan iklim. ALEC mendorong peraturan yang mewajibkan sekolah untuk mengajarkan skeptisisme maupun penolakan perubahan iklim.

Keluarnya Google dari gugus tugas ALEC, CEO kelompok ALEC, Lisa Nelson menanggapi hal tersebut, Lisa mengatakan “Sangat disayangkan mengetahui Google telah berakhir dari keanggotannya di ALEC, hanya karena tekanan dari public”. Ternyata selain ALEC menolak perubahan iklim, mereka juga menentang akses broadband kota dan teknologi netral.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More