Google Luncurkan Pesan Instan Mirip WhatsApp

07/10/2014    Alfiana Irsyada Salma    519     Artikel Bebas

Google selalu terdepan dan menjadi inspirasi. Kini, tersiar kabar Google akan membuat sebuah platform baru berupa platform pesan instan yang terpisah dari Google Hangout atau Google+ yang sudah dimilikinya saat ini. Platform pesan instan tersebut akan diuji coba dalam waktu dekat ini di India.

Google tidak pernah berputus asa, setelah kalah bersaing dengan Facebook dalam memperebutkan WhatsApp. Kini, Google akan meluncurkan aplikasi pesan instan sendiri khusus untuk pasar negara berkembang, salah satunya adalah India. Aplikasi buatan Google tersebut akan menjadi pesaing WhatsApp. Rencana paling cepat pesan instan tersebut akan segera meluncur di tahun 2015. Google tampaknya belum memberitahukan nama pesan instan tersebut.

Google telah mengutus Product Manager Nikhyl Singhal ke India untuk mempelajari ekosistem disana. Sebelumnya Nikhyl Singhal adalah Direktur Hangouts, Photos, dan Google+. Nikhyl selain ke India akan mengunjungi beberapa negara lain di Asia Pasifik untuk mempelajari keadaan ekosistem lokal di beberapa negara tersebut.

Sedikit bocoran, Aplikasi pesan instan buatan Google tidak mewajibkan pengguna untuk mendaftar dengan akun Google. Selain itu, aplikasi tersebut akan diberikan secara gratis oleh Google dan memiliki fitur “voice-to-text”. Fitur-fiturnya nanti akan mirip dengan fitur yang dimiliki WhatsApp yang bisa dipakai tanpa mendaftar dan gratis.

India merupakan negara yang dipilih oleh Google sebagai uji coba atau tes pasar aplikasi messaging. Sebelumnya Google juga telah meluncurkan inisiatif Android One yaitu platform smartphone murah pertamanya di India. Namun, menurut pendapat beberapa media mengenai pesan instan tersebut, Google dinilai telat untuk terjun dalam persaingan mobile messaging, karena pesaing lainnya telah lebih dulu untuk terjun ke dalam dunia mobile messaging seperti Wechat, Line, Viber dan KakaoTalk yang sudah memiliki basis pengguna yang sangat besar.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More