Facebook Ciptakan Fitur Safety Check

21/10/2014    Alfiana Irsyada Salma    449     Artikel Bebas

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang sangat diminati banyak orang di seluruh dunia. Akhir-akhir ini terdapat informasi mengenai bencana alam yang lebih cepat tersebar melalui jejaring sosial seperti Facebook maupun Twitter yang menampilkan kondisi alam secara real time. Oleh sebab itu, Facebook meluncurkan suatu fitur terbaru yaitu “Safety Check” fitur tersebut telah resmi diluncurkan pekan lalu tepatnya pada hari Kamis, 16 Oktober 2014.

Sebagai bentuk kontribusi Facebook terhadap penanggulangan bencana alam. Maka, Facebook menciptakan fitur “Safety Check” yang berfungsi untuk dapat memberitahukan keadaan penggunanya yang tertimpa bencana, namun sedang dalam kondisi baik-baik saja.

Chief Executive Officer [CEO] Facebook, Mark Zuckerberg yang telah meluncurkan fitur “Safety Check” beliau mengatakan di Jepang yang memang sering dilanda bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, dan angin topan. Membuat Mark memiliki ide untuk membuat fitur tersebut.

Wakil Presiden Produk Manajemen Facebook, Naomi Gleit memperjelas “Insinyur kami di Jepang telah mengambil tahapan pertama untuk menciptakan suatu produk untuk meningkatkan pengalaman terhubung setelah bencana”. Caranya adalah hanya dengan menekan satu tombol pada “Disaster Message Board”, maka para pengguna Facebook yang sedang mengalami bencana alam bisa langsung mengecek notifikasi posisi pengguna, apakah dalam kondisi aman atau sedang dalam kondisi bahaya.

Tujuan dibuatnya fitur tersebut adalah agar semua orang yang sedang ada di wilayah bencana bisa mengetahui zona aman, para pengguna yang berada di zona aman diminta untuk menekan tombol “I’m Fine” agar semua orang, baik teman, keluarga dan yang lainnya dapat mengetahui kondisi pengguna. Dengan fitur tersebut pengguna juga bisa melihat daftar nama teman yang mungkin terkena dampak bencana. Selain itu, fitur “Safety Check” dapat juga membantu pengguna Facebook yang hilang karena bencana alam. Keberadaan mereka yang hilang bisa dideteksi dengan lokasi pengguna melalui kota yang tercantum dalam profil serta lokasi terakhir fitur “Nearby Friends” sampai kota dimana pengguna sebelumnya telah terkoneksi.

Untuk saat ini fitur “Safety Check” sudah tersedia untuk platform IOS, Android, dan Desktop. Selamat mencoba fitur terbaru dari Facebook.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More