Error pada PHP

10/08/2014    Aulia Rahmah Alhafidz    831     Website

Jika sedang mengerjakan sebuah project dengan serius lalu tiba-tiba ada pemberitahuan error ketika project kita sedang dijalankan, pasti pikiran kita buyar. Nah, lalu apa saja sebenarnya error yang ada pada PHP? Tentu saja ada banyak. Contohnya seperti yang ada di bawah ini :

Pada dasarnya ada inilah macam-macam error pada PHP :

1. Error Message

Ini merupakan pesan error yang paling tinggi. Karena pada saat script dieksekusi, script tidak dapat dijalankan. Pesan error ini akan berisi informasi penyebabnya. Hal ini bisa terjadi karena pada biasanya, script kurang titi koma (;), kurung atau kurung kurawal, nama function yang digunakan tidak ada,  penggunaan tanda petik (double quote atau single quote) yang tidak tepat untuk menyatakan suatu string, penulisan sintaks IF … ELSE yang tidak sesuai aturan, dsb. 

Contohnya seperti berikut :

< ? php 
$nilai = 50;
if ($nilai >= 90) $status = "nilai kamu A"
else ($a <=50) $status = "nilai kamu D"
else $status = "-"
? >

Script di atas kurang titik koma dan else yang kedua seharusnya dibarengi dengan if. Karena kesalahan itu maka akan tampil error :

Parse error: syntax error, unexpected T_ELSE in D:xampphtdocsuploadtes-error.php on line 4

2. Warning Message

Sama seperti Error Message, tetapi yang membedakan, pada saat script dieksekusi, script akan tetap dijalankan. Lalu akan muncul Warning Message. Hal ini bisa terjadi karena tidak adanya parameter pada sebuah fungsi, query SQL yang salah, koneksi yang gagal ke MySQL

3. Notice

Sama dengan 2 pesan yang di atas, notice akan menampilkan pesan error, sama seperti Warning Message, script akan tetap dapat dijalankan. Hal ini bisa terjadi karena ada variabel atau index array yang belum terdefinisi sebelumnya. Dan ini adalah pesan error yang paling rendah.

4. Strict

Pesan error "Strict" ada pada PHP5. Pesan error ini akan datang saat ada penggunaan kode yang sudah lama (tidak digunakan lagi pada versi yg terbaru).

Kesimpulannya : dalam mengerjakan sesuatu dengan PHP harap teliti. Dan jangan terlalu memusingkan diri saat muncul pesan error. Cari kesalahannya secara hati-hati tetapi juga tetap teliti.

Nah, semoga menjadi ilmu ya :) Semoga bermanfaat :)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More