Elemen Pembentuk Desain

22/06/2014    Bartholo Bush Sawa    1835     Desain

halo teman-teman...beberapa minggu yang lalu saya sudah pernah share tentang sebagian dari teori desain. nah, kali ini saya akan share nih tentang unsur-unsur pembentuk sebuah desain.. Pada unsur-unsur pembentuk desain ini, akan saya bahas dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Hal ini perlu diketahui karena sebuah desain yang baik adalah mengandung unsur-unsur dibawah ini. Langsung saja disimak yah teman-teman...

Akan saya mulai dari sebuah Garis. Kita tidak akan bisa menemukan unsur yang paling sederhana lagi selain sebuah garis (kecuali titik), yang dapat menambah sebau volume dalam desain yang kita buat. Jelas yang paling bisa kita tambahkan adalah sebuah garis, karena sebuah gambar yang mempunyai volume pasti dibentuk oleh garis. Garis mempunnyai kualitas organik dan mekanik, yang dapat tersebar dengan baik, dan menambah kejelasan dalam penyampaian pesan dalam sebuah Desain.



Elemen grafis berikutnya adalah Bentuk. Bentuk terbagi menjadi 2, Geometris (beraturan) dan Abstrak (alami). Dasar dari sebuah bentuk adalah Lingkaran, Persegi, Persei Panjang, dan Segitiga, yang masing-masing memiliki makna tersendiri dan memberikan kontribusi dari apa yang dirasakan oleh orang-orang ketika melihat sebuah desain.



Elemen desain Space (ruang/jarak/bagian kosong) dapat menjadi konsep sederhanan untuk dipahami, tetapi tidak mudah untuk dikuasai. Terkadang kita melihat banyak sekali desai-desain yang simple dan tidak terlalu banyak menggunakan elemen. Desain-desain dengan White Space yang banyak dan luas. Untuk membuat desain-desain seperti itu, dibutuhkan Intuisi yang tinggi, dan sebuah kenyamanan ketika menyelesaikan desain dengan Space kosong yang banyak.

 

Ukuran dan Skala yang dikelompokkan ke dalam kategori yang sama yang tidak bisa dipisahkan satu dan lainnya, tetapi sebenarnya bukan lah sebuah hal yang sama. Ingat bawah ukuran adalah dimensi fisik dari suatu objek dalam tata letak, sedangkan skala adalah perbandingan antara ukuran objek sebenarnya dan objek yang ada dalam gambar.

 


Tekstur merupakan elemen yang menyenangkan karena dapat dibuat sebagai eksperimen yang membawa efek realis dalam desain kita. Hal ini dapat menambah daya tarik visual dan itu benar-benar membantu membuat desain yang unik. Tekstru tidak hanya bisa dibuat dengan komputer, tetapi kita dapat berkesperimen dengan bahan-bahan yang ada disekitar kita.

 


Makna/Nilai yang terkandung, merupakan unsur yang paling dilihat dalam sebuah desain. Hal ini penting karena memberikan kontribusi terhadap persatuan dan suasana sebuah desain.


Dan yang paling terakhir adalah Warna, yang paling kompleks dari semua elemen, karena setiap warna mempunyai arti yang berbeda-beda, Luas dan sangat beragam. Kita juga perlu mengetahui teori dari kombinasi warna-warna tertentu yang dapat digunkan dalam sebuah desain.    

Itu tadi adalah unsur-unsur dalam sebuah desain. Seperti yang saya katakan di atas, sebuah desain yang baik akan dibuat dengan memperhatikan unsur-unsur diatas. Sekian dulu artikel kali ini teman-teman. Sampai jumpa di artikel berikutnya.... ^^

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More