Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android Yang Bekerja Lambat

24/12/2016    Alfiana Irsyada Salma    281     Website

Pernahkah kamu merasa kesal ketika smartphone bekerja lambat? Saat sedang bermain game tiba – tiba kinerja smartphone melambat atau bergerak secara patah – patah. Bahkan lebih parahnya lagi layar pada smartphone tidak memberi respon hanya diam tak dapat disentuh dan tak bisa kembali ke menu home. Pastinya kalian akan merasa sebal, kesal, dan gregetan dengan apa yang terjadi. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui cara mudah mengatasi smartphone Android yang bekerja lambat.

Manajemen RAM

Cara pertama yang perlu kalian ketahui adalah manajemen RAM yang dimiliki, lambatnya smartphone bisa dipengaruhi hal tersebut. Jika kalian memiliki kapasitas RAM yang kecil maka akan semakin mudah smartphone mengalami kelambatan bekerja. Pastikan kalian memperhatikan manajemen RAM dan rajinlah membersihkan RAM. Cara membersihkannya, kalian ke menu setting – Apps – Geser dari kanan ke kiri. Khusus bagi para pengguna Android Marshmallow (Android 6.0) ke atas, kalian bisa melihat manajemen RAM dengan cara klik option Memory di menu setting. Cara mudahnya, kalian bisa sering – sering menghapus aplikasi yang tengah berjalan di background dengan menghapus Recent App.

Jangan Menggunakan Aplikasi Tambahan

Aplikasi – aplikasi tambahan seperti aplikasi pembersih, penghemat baterai, dan task killer sebaiknya kalian hindari. Aplikasi tambahan tersebut akan memberatkan kinerja smartphone, karena aplikasi tersebut berjalan di background. Jika kalian harus terpaksa menggunakan aplikasi tambahan sebaiknya menggunakan CCleaner, aplikasi tersebut sudah terbukti bagus, terpercaya, dan baik untuk Android dan PC.

Expert Mode

Cara mudah mengatasi smartphone Android yang bekerja lambat selanjutnya adalah Expert Mode, yakni Root, Hapus Bloatware, dan Custom ROM. Bagi kalian yang kini menggunakan Android versi Lollipop ke atas, kalian beruntung karena bisa men-disable aplikasi yang tidak digunakan pada pengaturan aplikasi. Jika kita tidak menghapus aplikasi – aplikasi yang tidak digunakan akan mempengaruhi kapasitas ROM dan RAM dan sangat membuang kouta banyak. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui cara menghapus aplikasi Bloatware. Sebelumnya bagi kalian yang belum mengetahui Bloatware berikut penjelasannya, Bloatware adalah aplikasi yang dengan sengaja disematkan oleh pabrik ke partisi sistem Android sehingga kalian tidak bisa menghapusnya. Namun, ada beberapa pabrik yang menyematkan aplikasi tersebut dan bisa dihapus.

Sekarang ini mulailah melakukan cara Expert Mode, caranya dengan root Android dan menginstall aplikasi sejenis Root Explorer, kemudian menghapus aplikasi Bloatware yang terletak di system atau app. Umumnya Bloatware berjalan di background padahal kita tidak sedang menggunakan aplikasi tersebut, hal tersebut dapat memperlambat kinerja smartphone Androidmu.

Bagi kalian yang suka tantangan, bisa mencoba Custom ROM yang sesuai dengan Android yang kamu miliki. Kalian bisa mencoba AOSP yang super mulus, CM13 yang memiliki banyak fitur, dan masih banyak lagi. Jadi, cara mudah mengatasi smartphone Android yang bekerja lambat tidak terlalu sulit untuk kalian lakukan, bukan? Sekarang jika smartphone Android kalian mengalami kelambatan segera lakukan cara – cara seperti di atas, selamat mencoba.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More