Cara Membackup Dan Merestore Data Di Database

12/07/2014    Faizal Rafik    1253     Website

Hallo teman-teman ketemu lagi dengan saya diblog DUMET School, di tutorial kali ini saya akan megajarkan bagaimana caranya membackup atau merestore informasi yang ada didalam database, jadi dengan kita mambackup informasi yang ada didalam database tersebut, kita tidak perlu khawatir lagi apabila terjadi sesuatu diwebsite kita. Selain membackup data yang ada didalam database saya akan mengajarkan juga bagaimana caranya mengembalikan atau mengimport database yang sudah kita backup tadi. Baiklah teman-teman langsung saja kita praktekkan ya.

Pertama kalian harus masuk terlebih dahulu ke phpmyadmin nya dengan mengetikan URL http://localhost/phpmyadmin di browser kalian masing-masing. Contoh tampilannya seperti gambar dibawah ini jika kalian sudah masuk ke halaman phpmyadmin nya :

Kemudian kalian bisa memilih database mana yang akan kalian backup. Contohnya saya memilih database tutorialphp yang akan saya backup, seperti gambar dibawah ini :

Setelah itu kalian bisa mengklik tab export yang berada diatas untuk memulai proses backup database nya. Contohnya seperti gambar dibawah ini :

Kemudian setelah kalian berada didalam tab export, kalian tidak perlu merubah apa-apa lagi, kalian cukup mencentang kolom checkbox yang berada dibawah, kemudian rubah nama file name nya dan compression nya kalian pilih mau menggunakan yang mana, kemudian kalian bisa mengklik tombol GO untuk memulai proses backup datanya. Contohnya seperti gambar dibawah ini :

Nah proses diatas adalah langkah2 cara untuk membackup data yang ada didalam database. Berikutnya kita akan mencoba untuk memasukkan atau mengimport kembali data yang sudah tadi kita backup. Langkah-langkah nya sebagai berikut.

Pertama kalian buka kembali halaman phpmyadmin nya, lalu kalian pilih nama databasenya, setelah itu kalian bisa langsung mengklik tab import untuk proses mengembalikan atau mengimport database yang tadi sudah kita backup. contoh dibawah ini adalah jika kalian sudah berada didalam halaman import :

Kemudian kalian tidak perlu merubah apa-apa yang ada didalam halaman import tersebut, cukup langsung mengklik tombol browser untuk megambil file SQL yang akan di import, Setelah itu kalian tekan tombol GO dan tunggu sampai muncul pemeberitahuan bahwa import successfully. Contohnya seperti gambar dibawah ini :

Nah itulah langkah-langkah jika kalian ingin membackup atau mengimport data yang ada didalam database. Biasakan untuk membackup data website kalian, supaya saat terjadi error pada website kalian, kalian tidak usah bingung lagi, kalian cukup mengimport kembali data yang sudah kalian backup sebelumnya.

Sekian dulu tutorial dari saya semoga tutorial ini bermanfaat untuk kalian semua. Sampai ketemu ditutorial berikutnya. Terima Kasih.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More