Cara Instalasi CodeIgniter Dan Bekerja Dengan Metode MVC

22/05/2014    Reza Indra    10348     Website

Selamat berjumpa kembali dalam acara Yuk Kita Coding. Dalam acara ini saya akan mengajari cara melakukan instalasi Codeigniter dengan mudah. Oke langsung saja, yang pertama yang mesti anda lakukan adalah menginstall server local seperti XAMPP atau WAMP, anda bisa download gratis yah. Nah kamudian pastikan anda sudah memiliki program editor PHP seperti Dreamweaver, PHP Storm, PHP Designer 8, dll.

Jika sudah lengkap semua persiapan yang dibutuhkan ikuti langkah berikut ini.

1. Download CodeIgniter versi terbaru 2.1.4 di sini.

2. Jika sudah, extract file zip CodeIgniter dan simpan di folder root server local kita. Karena saya menggunakan XAMPP, nama folder root saya adalah htdocs. Setelah itu ubah nama folder “CodeIgniter_2.1.4″ menjadi “codeigniter”.

3. Nah, dalam folder codeigniter itu ada beberapa folder dan file, namun kita tidak akan menggunakan semua. Yang kita akan gunakan hanyalah folder application, system, dan file index.php. Yang lainnya hapus saja.

4. Jika sudah, sekarang tinggal akses di browser “localhost/codeigniter”, maka akan ada tampilan “Welcome to CodeIgniter!”.

5. Nah, proses instalasi sudah selesai. Kemudian bagaimana cara kerjanya? CodeIgniter menggunakan metode MVC (Model, Views, dan Controllers), untuk penjelasannya bisa di lihat di Konsep Metode MVC.

6. Oke, sekarang saya akan sedikit memprakterkan cara bekerja dengan metode MVC untuk mengubah tampilan dari codeigniter. Di sini saya akan membuat file hello.php di dalam folder controllers.

7. Kemudian membuat file say_hello.php di dalam folder views.

8. Jalankan file hello.php pada editor PHP dan ketik kode berikut.

9. Dan jalankan file say_hello.php pada editor PHP dan ketik kode berikut.

10. Sekarang jalankan pada browser. Eng.. ing.. eng...


 

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More