Bekerja dengan GRID di Adobe Illustrator

19/07/2014    Bartholo Bush Sawa    6268     Desain

Hallo teman-teman.. Setiap hari dumet school selalu menghadirkan tutorial-tutorial terbaru dan yang pasti akan menambah skill teman-teman sekalian. Nah, di artikel kali ini, saya ingin share tentang GRID di Adobe Illustrator.

Apakah itu GRID? Bagaimana Cara kerjanya? Mengapa menggunakan Grid? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, langsung saja simak penjelasannya sebagai berikut.

GRID merupakan sistem pengukuran yanng disediakan oleh Adobe Illustrator untuk mempermudah membuat berbagai desain yang memerlukan ukuran-ukuran yang presisi, seperti misalnya Font, Packaging, Logo Branding, Layouting, dan lain-lain. GRID berbentuk kotak-kotak yang dimana kita bisa menyesuaikan jumlah kotak yang kita inginkan, dan disesuaikan dengan ukuran yang kita mau.

 

Mengatur Grid

Untuk menggunakan metode GRID, yang pertama kali harus kita lakukan adalah mengatur ukuran Grid yang akan kita gunakan untuk membantu kita dalam membuat sebuah desain di illustrator nantinya. Cara mengatur GRID adalah Klik Menu Edit > Preferences > Guide & Grid.

 

Kemudian akan muncul Pengaturan seperti di bawah. Aturlah angka, disesuaikan dengan yang ada pada gambar.

Penjelasan :

* Guideline every : 10 mm ; maksudnya adalah setiap 10mm x 10mm atau 1cm x 1cm terdapat sebuah Guideline yang yang akan membentuk sebuah persegi.

* Subdivision : 10 ; Di dalam 10mm x 10mm tersebut terdapat 10 buah kotak kecil-kecil yang terbentuk, secara otomatis, ukurannya adalah 1mm x 1mm

Jika sudah Klik OK.

 

Memunculkan GRID

Untuk memunculkan Grid, kita tinggal klik Menu View > Show Grid

 

Maka akan terlihat Grid yang berbentuk kotak-kotak pada Artboard Illustrator seperti gambar di bawah ini.

 

Snap to Grid

Kemudian ketika kita membuat objek atau mendesain, supaya objek yang kita bikin bisa presisi dengan grid yang sudah kita buat, maka kita perlu mengaktifkan Snap to Grid. Untuk mengaktifkannya, klik Menu View > Snap to Grid

 

Sekarang teman-teman bisa mendesain dan dengan mudah bisa menempatkan objek satu dan lainnya dengan presisi menggunakan Grid. Sekian dulu ya teman-teman artikel hari ini... Semoga bermanfaat.. ^^

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More