Bahasa Pemrograman Teraneh

07/06/2014    Aulia Rahmah Alhafidz    1509     Artikel Bebas

Hai semua, apa kalian pengguna bahasa pemrograman? Jika ya, bahasa apa yang kalian gunakan? Java? Bahasa C? C++? C#? Phyton? VB? emm apa kalian tau bahasa pemrograman chicken? piet? Yap, itu adalah bahasa pemrograman yang kurang dikenal oleh orang-orang, lihat saja scriptnya. Benar-benar aneh. Langsung saja yuk! Inilah bahasa pemrograman yang dianggap paling aneh.

1. Chicken

Pasti yang langsung terbayang oleh kalian itu aym? Betul bukan? Yaa, sesuai dengan nama bahasanya, semua script yang dibuat berisi kata "chicken", " " dan " n". Jadi di setiap barisnya memiliki kata "chicken" yang dipisahkan oleh spasi. Dan jumlah kata "chicken" disesuaikan dengan opcodenya.

weirdest-prolang

Nah, itulah contoh scriptnya. Penasaran? Ayo coba mengerti di http://esolangs.org/wiki/Chicken

2. Whitespace

Tidak seperti kebanyakan bahasa pemrograman, yang mengabaikan atau menetapkan sedikit makna bagi sebagian besar karakter spasi, justru Whitespace mengabaikan karakter non-spasi. Hanya spasi, tab dan linefeeds memiliki makna.

Perintah terdiri dari urutan ruang, tab berhenti dan linefeeds. Misalnya, tab-spasi-spasi-spasi melakukan penambahan aritmatika atas dua elemen pada stack. Data direpresentasikan dalam biner menggunakan spasi (0) dan tab (1), diikuti dengan ganti baris a; dengan demikian, ruang-ruang-ruang-tab-space-tab-tab-linefeed adalah bilangan biner 0001011, yang merupakan 11 dalam desimal. Semua karakter lain diabaikan dan dengan demikian dapat digunakan untuk komentar.

weirdest-prolang

Gambar diatas adalah contoh script "hello world", tidak ada warna sebenarnya. Ini hanya memberitahukan bahwa warna pink mengartikan spasi dan ungu sebagai tab. Silakan dibaca artikelnya.

3. Glass

Glass adalah bahasa pemrograman esoterik yang dikembangkan oleh Gregor Richards pada tahun 2005.

weirdest-prolang

Bagaimana komentar Anda dengan script ini? Untuk lebih lengkapnya silakan buka link ini http://esolangs.org/wiki/Glass

4. Befunge

Kata "Befunge" mulai hidup sebagai kesalahan ketik untuk kata "sebelum", diketik oleh Curtis Coleman di 4:00 pada sistem chatting BBS.

Ia mengambil makna Be-(dari awalan bi-, untuk "dua") + Funge (root fiksi kata sepadan, yaitu "dipertukarkan"). Artinya, untuk pertukaran (kode program dengan data) dalam dua (dimensi).

Nama ini diucapkan / bee-FUNJ /.

weirdest-prolang

Baca artikel ini untuk memahaminya http://esolangs.org/wiki/Befunge

5. Malbolge

Malbolge begitu sulit untuk dipahami ketika diluncurkan sehingga butuh dua tahun untuk menampilkan program Malbolge untuk pertama kalinya. Program tersebut tidak ditulis oleh manusia, itu dihasilkan oleh algoritma pencarian balok yang dirancang oleh Andrew Cooke dan diimplementasikan dalam Lisp.

weirdest-prolang

Pelajari disini http://en.wikipedia.org/wiki/Malbolge

6. Piet

Piet adalah bahasa pemrograman di mana program terlihat seperti lukisan abstrak. Bahasa ini dinamai Piet Mondrian, yang merintis bidang seni abstrak geometris. Saya akan suka untuk memanggil bahasa Mondrian, tapi seseorang mengalahkan saya untuk itu dengan bahasa scripting yang agak tampak biasa. Oh baiklah, kita semua tidak bisa menjadi penulis bahasa esoteris kurasa.

weirdest-prolang

Gambar diatas adalah contoh dari program hello world. Baca juga artikelnya disini http://www.dangermouse.net/esoteric/piet.html

Itulah beberapa bahasa pemrograman yang aneh. Apakah hanya ada 6? Tentu tidak, sebenarnya ada banyak sekali bahasa pemrograman yang tidak kita ketahui. Ini dia mereka yang lain :D

Semoga artikel ini bermanfaat yaa :)

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More