Aturan Dasar Penulisan Sintak PHP

30/03/2014    Reza Indra Gunawan    4790     Website

Halo teman-teman, apa kabar? Semoga baik semua ya… kali ini saya ingin sharing ilmu lagi nich tentang pemrograman website, tidak lain yaitu PHP. Bagi teman-teman yang masih pemula, cocok banget untuk mengetahui hal-hal dasar yang bekaitan tentang PHP. Nah pada artikel kali ini saya akan berbagi tips trik untuk semua teman-teman dan dumenity seluruh Indonesia.

Sama seperti bahasa pemrograman lain, PHP memiliki aturan dasar dalam cara penulisan. Misalnya seperti membedakan penulisan huruf besar dan kecil, aturan mengakhiri baris program serta aturan menggunakan karakter spasi dan tab.

1. Case Sensitivity (perbedaan huruf besar dan kecil)

PHP tidak membedakan penamaan untuk semua fungsi bawaan PHP seperti echo, while, for, class dll. Penamaan fungsi (function) juga tidak membedakan huruf besar dan kecil.

Contoh:

Namun dalam penamaan variable, PHP membedakan penulisan huruf besar dan kecil contoh $nama tidak sama dengan $NAMA atau $Nama.

Karakter string juga dibedakan berdasarkan penggunaan huruf besar dan kecil misalnya “Hello” tidak sama dengan “hello”.

Contoh:

Ket: != (tidak sama dengan)

Agar tidak terjadi kekeliruan dalam penulisan PHP disarankan agar setiap menulis semua program baik variable atau fungsi menggunakan huruf kecil. Jika variable atau nama fungsi (function) terdiri dari dari 2 kata dapat menggunakan karakter underscore (_).

Contoh:

2. Penulisan baris perintah

Baris perintah (statement) adalah suatu baris yang di dalamnya berisi perintah (program) yang menginstruksikan PHP untuk melakukan sesuatu. Baris perintah dalam PHP dapat berupa baris perintah yang sederhana (pendek) seperti echo atau baris perintah yang terdiri dari beberapa baris seperti if else, looping dll.

Contoh:

Terlihat beberapa baris diatas menggunakan tanda semicolon atau titik koma (;) sebagai akhir dari baris perntah.

Untuk baris perintah yang menggunakan kurung kurawal ({}) seperti if else, looping, function, switch case, tidak membutuhkan tanda semicolon atau titik koma (;).

Contoh:

3. Karakter spasi dan tab

Umumnya karakter spasi dan tab diabaikan dalam PHP. Kita bisa menulis satu statement yang dibuat dalam beberapa baris, atau banyak statement yang dibuat dalam satu baris yang panjang.

Contoh:

Sama artinya dengan:

Walaupun menulis banyak statement dalam satu baris lebih menghemat tempat, tapi disarankan agar menulisnya seperti pada contoh yang ke dua (pindah baris). Tujuannya adalah agar memudahkan dalam membaca kode program.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More