Apa Itu Modernizr

12/07/2014    Arya Febiyan    2705     Teknologi

Modernizr adalah library JavaScript kecil yang mendeteksi ketersediaan HTML5 dan CSS3 untuk teknologi web. Kebanyakan dari fitur ini sudah diimplementasikan pada browser, dan salah satu fungsi utama Modernizr adalah memberitahu Anda apakah browser yang saat ini Anda pakai mendukung tag HTML5 dan CSS3.

Loh kok seperti itu? Sekarang begini, jika Anda menggunakan tag HTML5 <video>, <aside> dan <articles> maka website Anda tidak akan sempurna terlihat sebagaimana tag-tag tersebut berjalan di browser lain.

Disinilah fungsi dari Modernizr, yaitu menyempurnakan cacat pada browser yang tidak dapat membaca tag-tag HTML5 dan CSS3 (box-shadow dan border-radius serta lainnya). Modernizr digunakan oleh banyak situs populer zoals Twitter, USMagazine, Good.is, About.com.

Instalasi Modernizr.

Silahkan Anda klik link berikut, Anda akan menemukan dua pilihan untuk men-download library ini, pilihan pertama adalah development / pengembangan dan pilihan kedua adalah production / produksi.

Jika masih tahap development, maka silahkan download library di http://modernizr.com/downloads/modernizr-latest.js.

Jika sudah Anda download maka panggil library tersebut, misal saya letakkan di folder js :

Apa Itu Modernizr

Modernizr membutuhkan class="no-js" untuk menjalankannya, jika javascript pada browser Anda tidak berfungsi atau di non-aktifkan, maka Modernizr tidak bisa bekerja dan fitur-fitur dari website Anda pun tidak bekerja dengan baik.

Modernizr akan bekerja secara dinamis apa-apa saja fitur atau tag-tag pada website yang tidak support dengan browser yang sedang Anda pakai. Jika di jalankan atau di render maka akan menghasilkan output tag-tag jika tidak mendukung :

<html class="js canvas canvastext geolocation rgba hsla no-multiplebgs borderimage borderradius boxshadow opacity no-cssanimations csscolumns no-cssgradients no-cssreflections csstransforms no-csstransforms3d no-csstransitions  video audio cufon-active fontface cufon-ready">

Modernizr akan bekerja untuk ‘mengaktifkan’ tag-tag atau properti css apa saja yang sebelumnya browser tidak support.

Dukungan Browser.

Modernizr sudah mendukung untuk browser IE6+, Firefox 3.5+, Opera 9.6+, Safari 2+, Chrome. Untuk mobile Modernizr sudah mendukung iOS's mobile Safari, Android's WebKit browser, Opera Mobile, Firefox Mobile, dan saat ini masih dilakukan pengujian untuk OS Blackberry 6+.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More