Apa Itu Composer

01/05/2014    Arya Febiyan    4154     Artikel Bebas

Composer adalah dependency manager khusus PHP yang memiliki fungsionalitas seperti Gem (Ruby) atau Maven (Java). Anda bisa menginstall suatu library melalui composer dan composer akan secara otomatis menginstall library lain yang dibutuhkan, tanpa perlu mendownload satu persatu. Mirip dengan apt get install di sistem operasi linux.

Mungkin Anda pernah merasakan bagaimana sulitnya me-manage project yang melibatkan library third party. Terutama memastikan tiap library ter-update mana kali versi terbaru keluar.

Untuk instalasinya bisa mengunduh langsung dari situs Composer, atau menjalankan lewat command line dengan menggunakan curl dengan script sebagai berikut :

curl -s https://getcomposer.org/installer | php

Untuk membuat composer bisa dalam bentuk .json sedangkan untuk melakukan instalasi bisa menggunakan sintak composer install.

Berikut gambar dimana Saya melakukan instalasi Laravel 4 :

Apa Itu Composer

Composer merupakan utilitas yang dapat sangat membantu kita untuk mengelola proyek terhadap sebuah library atau helper / plugin. Masa depan akan berlaku seperti ini, dimana tidak mendownload direct dari situs resminya, melainkan menggunakan composer, pernah pakai linux, tentu tidak kesulitan menggunakan composer.

PHP sudah memulai dengan membuat repository yang berisi libray yang dapat dipakai semua framework asalkan framework tersebut support Composer. Repository tersebut bernama Packagist. Untuk menggunakan libraryyang terdapat di Packagist maka Anda wajib menggunakan Composer.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More