Alasan Axis Selalu Mengalami Gangguan

24/07/2014    Alfiana Irsyada Salma    17091     Artikel Bebas

Semenjak XL Axiata akuisisi Axis Telekom Indonesia. Kini, Axis telah resmi menjadi milik XL Axiata. Chief Service Management Officer XL Axiata, Ongki Kurniawan mengatakan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan integrasi infrastruktur jaringan XL dengan Axis.

Kini, proses integrasi jaringan Axis ke XL sudah mencapai 75 %. Akan tetapi, untuk jaringan di Jakarta belum sepenuhnya dilakukan karena integrasinya dianggap paling rumit. Axis dan XL memiliki pelanggan yang cukup banyak. Saat ini kami juga sedang menunggu tambahan kapasitas dari kota Jakarta, Bandung dan Surabaya yang merupakan kota-kota besar. Jika nantinya sudah bisa menampung, maka akan segera diintegrasi, kata Ongki Kurniawan.

Menurut ongki proses integrasi ini tidaklah mudah. Karena kedepannya nanti tidak akan ada lagi jaringan Axis, semuanya akan diintegrasikan menjadi satu yaitu jaringan XL. Namun, sebelum itu terjadi kami akan cek satu per satu jaringannya, jika terjadi overlap antara satu jaringan dengan jaringan yang lainnya, maka kemungkinan ada beberapa site yang akan kami matikan yaitu Axis.

Sebenarnya, semenjak proses akuisisi, Axis dan XL saling memberikan keuntungan. Disatu sisi, XL mendapat tambahan frekuensi yang dibutuhkan untuk memberi kualitas layanan yang lebih nyaman, dan otomatis menumbuhkan pelanggan XL. Sedangkan Axis juga sudah pasti akan mendapatkan pertumbuhan pelanggan yang signifikan.

Tambahan frekuensi tersebut mencapai hampir 15 MHz dan Axis 1.800 MHz telah membuat kualitas layanan XL meningkat. Drop call kini berkurang hingga 45 %. Kualitas suara menjadi lebih baik 20 %, koneksi yang lebih cepat 30 %, dan akses data lebih stabil 20 %.

XL Axiata melakukan peningkatan kualitas jaringan XL maupun Axis yang meliputi penambahan kapasitas dan optimalisasi jaringan. Jadi, pelanggan Axis juga bisa ikut serta merasakan roaming nasional di jaringan XL, migrasi billing, dan penyanghaan infrastruktur layanan Axsis oleh XL.

XL Axiata telah memprediksikan agar proses integrasi ini berjalan dengan lancar hingga diprediksikan akan menghabiskan dana sekitar Rp. 30 Miliar. Dana tersebut untuk membiayai tuning radio pemancar, system integrasi, dan konsultasi. Ditargetkan sebelum bulan Oktober proses integrasi jaringan Axis akan segera selesai.

Sedangkan untuk menghadapi trafik selama libur lebaran, XL telah melakukan kesiapan jaringan diantaranya, XL telah menambahkan kapasitas jaringan radio sebesar 2x lipat di jalur dan daerah tujuan utama mudik, lalu ditingkatkan juga di jaringan Core dan IN dan utilisasi jaringan berada diangka 50 – 60 % agar kenyamanan dan peningkatan kualitas jaringan dan instalasi suara HD terjaga dengan baik.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More