7 Tips & Trik di SEO Untuk Membuat Search Engine Friendly URLs

03/04/2014    Arya Febiyan    1249     Marketing

Salah satu cara terbaik yang Anda bisa lakukan dalam kompetisi seo adalah membuat url website Anda baik dan bagus di mata mesin pencari, seperti url website DUMET School. Kali ini Anda akan belajar bagaimana mengoptimalkan artikel Anda seperti artikel DUMET School yang terlihat pada gambar di bawah ini :

7 Tips & Trik di SEO Untuk Membuat Search Engine Friendly URLs

 

Berikut adalah 7 Tips & Trik di SEO Untuk Membuat Search Engine Friendly URLs :

 

1. Gunakan kata kunci dan nama artikel bukan angka atau nomor atau ID

Jika Anda menggunakan Wordpress Atau Joomla maka Anda bisa memanfaatkan konfigurasi permalink dengan membuat file .htaccess

Misal URLs Anda http://www.domain.com/?p=123 maka bisa dimodifikasi menjadi http://www.dumetschool.com/kursus-digital-marketing

 

2. Ketika penamaan halaman, gunakan tanda hubung minus (-) bukan garis bawah (_)

Search engine sering membaca kata-kata dengan garis bawah sebagai satu kata. Jadi "kursus_web" dapat dibaca sebagai "kursusweb," yang tidak dicari sebanyak "kursus web.", hal ini dikarenakan tidak adanya tanda hubung spasi.

 

3. Fokus pada kata kunci

Fokus memberi nama halaman Anda yang paling akurat sangatlah penting, tetapi juga frase kata kunci friendly yang berhubungan dengan konten Anda juga perlu Anda perhatikan. Jika halaman Anda adalah artikel blog tentang IT seperti DUMET School, sebaiknya Anda memberi nama halaman yang ada kaitannya dengan artikel blog IT website Anda.

 

4. Membuat URLs yang singkat dan sederhana

Banyak manfaat dan keuntungan diantaranya URLs dapat dengan mudah diingat dan dibaca, hal inilah yang menyebabkan mesin pencari dapat memastikan bahwa URLs artikel blog yang Anda buat adalah kata kunci. PENTING : Halaman dan URL dengan banyak kata kunci bisa mendapatkan sanksi dan penurunan peringkat pencarian (keyword stuffing). Empat sampai tujuh kata adalah pedoman yang baik untuk diikuti.

7 Tips & Trik di SEO Untuk Membuat Search Engine Friendly URLs

 

5. Gunakan subfolder bukan subdomain.

Sebaiknya untuk mengatur konten gunakan subfolder (domain.com/nama-folder/) dari pada subdomain (nama-subdomain.domain.com). Search engine memperlakukan subdomain sebagai entitas yang berbeda, dan tidak dianggap memiliki hak level tinggi, maka dari itu disarankan menggunakan subfolder, selain itu PENTING subdomain di mata mesin pencari sebagai website top-level.

 

6. URL statis lebih baik daripada URL dinamis

Anda telah mengetahui bahwa URL dinamis selalu mengandung tanda tanya, tanda sama dengan, dan biasanya dapat ditemukan di halaman pencarian dan beberapa website besar.

PENTING search engine tidak suka sebuah halaman dengan URL dinamis karena selalu berubah-ubah.

Jika situs Anda masih menggunakan URL dinamis, Anda bisa menggunakan Google Webmaster Tools benar-benar dapat menyaring URLs dengan menggunakan "penyesuaian parameter".

 

7. WWW atau TANPA WWW ??? !!!

Jika situs Anda dapat diakses dari kedua http://yoursite.com dan http://www.yoursite.com, Anda PASTI mungkin memiliki masalah PASTI DIJAMIN PASTI. Kok Gitu???!!! Kata Engineer Google Sih Gitu!

 

"Jika Anda mengubah URL halaman seperti yang terlihat dalam hasil mesin pencari, kami sarankan Anda menggunakan server-side 301 redirect. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa pengguna dan mesin pencari diarahkan ke halaman yang benar. 301 kode status berarti bahwa halaman telah secara permanen pindah ke lokasi baru.

- Matt Cutts, Developer & Engineer di Google -

 

"Kadang Kita Membutuhkan Coding Untuk Mengoptimalkan SEO, Maka Belajarlah Coding Sekarang Juga, Agar Hasil Anda Maksimal Pada Mesin Pencari."

- Arya Febiyan, Developer & Engineer di DUMET School -

 

PENTING search engine bisa melihat situs Anda sebagai memiliki duplikat konten. Anda dapat memperbaikinya dengan memiliki server berbasis 301 redirect untuk mengarahkan salah satu URL ke dalam format pilihan Anda.

Alhamdulillah, Website DUMET School sudah di buat oleh Engineer Developer Kami sesuai dan ramah bersahabat sama Google.

 

Semoga Bermanfaat. Jika Artikel Ini Bermanfaat Bantu Share Yah. Terima Kasih.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More